Harga di Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada Live Streaming Lebih Murah

Ada produk di fitur live streaming Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada yang bisa ditawar, sehingga bisa lebih murah. Gratis ongkir yang disediakan juga lebih besar.
Desy Setyowati
23 Januari 2023, 14:27
Live streaming di TikTok, Shopee live, shopee, tiktok
Katadata/Desy Setyowati
Live streaming di TikTok dan Shopee

Harga produk di fitur live streaming atau siaran langsung Shopee, TikTok, Tokopedia dan Lazada tercatat lebih murah ketimbang yang tidak. Konsumen bahkan bisa menawar.

“Harga murah, bisa ditawar sampai jadi,” demikian salah satu judul live streaming di Shopee.

Katadata.co.id memantau perkembangan harga produk di live streaming Shopee, Tokopedia, dan Lazada sejak Agustus 2022. Banyak penjual online yang menjajakan baju thrift atau pakaian bekas layak pakai maupun sisa ekspor.

Baju yang dijuall mulai dari Rp 500 untuk pembelian grosir. Ada juga yang menjual mulai Rp 1.000 untuk pembelian satuan.

Ada juga yang menjual mainan bekas yang masih bisa dipakai, dengan harga murah.

Produk baru juga dijual murah di fitur live streaming Shopee, TikTok, Tokopedia dan Lazada. Peralatan rumah tangga seperti wadah makanan yang tertutup bisa dijual mulai dari Rp 2.000.

Namun Katadata.co.id beberapa kali membandingkan harga produk baru yang dijual di fitur live streaming dengan yang tidak. Hasilnya, barang yang dijual di toko yang tidak melakukan siaran langsung, lebih murah.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, toko yang melakukan live streaming di Tokopedia dan Lazada, lebih sedikit ketimbang di Shopee dan TikTok. Bahkan penjual yang melakukan siaran langsung di Shopee selalu ada selama 24 jam.

Ada yang menjual sayur-sayuran, makanan jadi, makanan beku, tanaman, baju, mainan hingga jasa.

Namun konsumen tidak bisa mengetik produk yang ingin dicari di fitur live streaming Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Pengguna harus menggulirkan layar ke bawah atau atas untuk melihat toko yang melakukan live streaming.

Pengguna akan tahu poduk apa yang dijual oleh toko yang melakukan live streaming dari gambar dan judul. Namun banyak juga penjual yang tidak memerinci produk yang dijual di judul, dengan gambar yang kurang sesuai.

Sedangkan di TikTok Shop, konsumen bisa mengetik produk yang akan dibeli di fitur live streaming.

Gratis Ongkir di Fitur Live

Salah satu keunggulan fitur live streaming di Lazada, Shopee, dan Tokopedia yakni menawarkan gratis ongkir atau ongkos kirim yang lebih tinggi ketimbang yang tidak melakukan siaran langsung.

Jika Anda membeli barang yang sedang dijual secara live streaming, maka potongan gratis ongkir yang diberikan lebih besar ketimbang produk yang tidak dijajakan secara langsung.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, Shopee mulai mengurangi potongan gratis ongkir untuk produk yang dijual melalui live streaming sejak akhir tahun lalu. Jumlahnya juga dibatasi menjadi hanya dua sehari.

Meski begitu, potongan gratis ongkir yang diberikan tetap lebih banyak ketimbang produk yang tidak dijual melalui live streaming.

Sedangkan TikTok terpantau memberikan diskon gratis ongkir lebih besar ketimbang Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait