Perbandingan Transaksi TikTok, Shopee, Tokopedia saat Ramadan

Lenny Septiani
27 April 2023, 07:00
TikTok, Tokopedia, Shopee
TikTok, Tokopedia, Shopee, Katadata/Desy Setyowati
TikTok, Tokopedia, Shopee

TikTok Shop mencatatkan peningkatan nilai transaksi bruto atau GMV lebih dari 150% selama 20 Maret – 14 April atau saat Ramadan. Bagaimana dengan Shopee dan Tokopedia?

“Secara keseluruhan naik lebih dari 150%. Shopping Center naik lebih dari 185% bila dibandingkan dengan rata-rata GMV hari biasa,” kata Perwakilan TikTok Shop Indonesia kepada Katadata.co.id, Rabu (26/4).

Advertisement

Ia juga memerinci peningkatan transaksi sejumlah akun di TikTok, seperti:

  • OPPO lewat akun @oppostore.indonesia mengalami peningkatkan GMV lebih dari 80%
  • Kreator konten (content creator) kategori fashion Adhiva Amalia (@ddhivaaaa mengumpulkan lebih dari 15,7 juta page views

Sedangkan Shopee dan Tokopedia tidak memerinci GMV keseluruhan selama Ramadan. Tokopedia membagikan produk yang laris selama ramadan dan peningkatan transaksi selama 23 Maret – 5 April dibandingkan dua pekan biasa sepanjang kuartal I. Rinciannya sebagai berikut:

  1. Fashion, yang terdiri dari:
  • Scarfwanita: transaksi naik enam kali lipat
  • Baju koko pria: transaksi naik lima kali lipat
  • Busana muslim keluarga: transaksi naik tujuh kali lipat
  1. Otomotif: spare partmobil, produk perawatan mobil, produk interior mobil yang naik hampir dua kali lipat
  2. Rumah tangga: Perlengkapan Ruang Tamu dan Keluarga, penyimpanan Makanan, Peralatan Baking
  3. Perawatan diri: Parfum dan Cologne, Produk Kesehatan Gigi dan mulut, Perlengkapan Mandi
  4. Makanan dan Minuman: Hampers atau Parsel, Buah, Tepung, dan kurma yang naik lebih dari tiga kali lipat
  5. Toko yang mengikuti program Kumpulan Toko Pilihan (KTP) di Bandung, Surabaya dan Denpasar mencatatkan peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia.
  6. Toko yang tergabung dilayanan ‘Dilayani Tokopedia’ mencatatkan rata-rata peningkatan penjualan hampir dua kali lipat
  7. Transaksi Tokopedia NYAM! meningkat hampir dua kali lipat
  8. Peningkatan transaksi pengiriman same daydan instan tertinggi yakni di Kuningan (Jawa Barat), Palangkaraya (Kalimantan Tengah) dan Tabanan (Bali). Rata-rata peningkatan lebih dari dua kali lipat.
  9. Peningkatan transaksi pengiriman antar-pulau tertinggi yakni di Banyuasin (Sumatra Selatan), Kampar (Kepulauan Riau) dan Lombok Timur (NTB). Rata-rata peningkatan lebih dari dua kali lipat.

“Tokopedia terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual di mana pun mereka berada, agar pembeli bisa memperoleh produk kebutuhan lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien,” kata Head of Corporate Affairs Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya kepada Katadata.co.id, Rabu (26/4).

Sementara itu, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna menyampaikan, transaksi selama waktu sahur meningkat lebih dari 16 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Daftar produk yang laris di Shopee selama dua pekan Ramadan yakni:

  • Fashion muslim: transaksi naik sembilan kali lipat. Utamanya, gamis crinkle, pashmina ceruty, dan baju koko kurta.
  • Hampers: transaksi naik lebih dari lima kali lipat
  • Amplop Lebaran
  • Kurma
  • Tas hampers Idul Fitri
  • Makanan dan minuman

"Artinya, produk-produk inilah yang paling dibutuhkan masyarakat belakang ini,” kata Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak dalam Media Gathering di Jakarta, bulan lalu (10/4).

Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement