TikTok, Shopee, Tokopedia, Lazada Menaikkan Biaya Admin Penjual 2023

Lenny Septiani
9 Mei 2023, 10:35
Bukalapak, Lazada, TikTok, Tokopedia, Shopee
Katadata/Desy Setyowati
Bukalapak, Lazada, TikTok, Tokopedia, Shopee

TikTok Shop menaikkan biaya komisi kepada penjual per 1 Juni. Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak ternyata juga mengerek biaya admin yang dibebankan kepada pedagang.

Shopee menaikkan biaya admin penjual pada 29 Desember 2022. Tokopedia pada 2 Januari, Bukalapak 16 Januari, dan Lazada 24 April.

Sementara itu, TikTok Shop akan mengerek biaya komisi pedagang per 1 Juni Pukul 09.00 WIB. "TikTok Shop akan melakukan penyesuaian penting pada struktur biaya komisi,” kata TikTok melalui notifikasi untuk penjual di platform, Senin (8/5).

“Ini sebagai bagian dari komitmen TikTok Shop untuk terus melayani dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi seluruh penjual,” tambah TikTok.

Sebelumnya TikTok Shop mengenakan biaya 1% dari nilai produk dan flat fee atau biaya tetap Rp 2.000 untuk setiap transaksi. Biaya komisi ini dibebankan kepada pedagang.

Per 1 Juni, TikTok Shop akan mengenakan persentase biaya komisi yang berbeda untuk setiap kategori produk. Konsep seperti ini lebih dulu diterapkan oleh Shopee dan Tokopedia.

Biaya Komisi TikTok Shop, Shopee, Lazada, Tokopedia

TikTok Shop

Persentase biaya komisi untuk penjual di TikTok Shop per 1 Juni sebagai berikut:

  1. Handphone dan elektronik 1,9%
  2. Peralatan rumah tangga 1,9%
  3. Aksesori elektronik 4,3%
  4. Komputer dan peralatan kantor 2,7%
  5. Produk virtual seperti pulsa dan pembayaran tagihan 1%
  6. Buku, majalah, musik 4,3%
  7. Kecantikan 4,3%
  8. Personal care atau perawatan diri 4,3%
  9. Kesehatan 3,6%
  10. Makanan dan minuman 2,7%
  11. Liquor dan beverages 2,7%
  12. Kehamilan dan bayi 2,7%
  13. Fashion dan anak 4,3%
  14. Perlengkapan rumah 3,6%
  15. Peralatan dapur 3,6%
  16. Mebel 3,6%
  17. Tekstil dan soft furnishings 3,6%
  18. Perlengkapan hewan peliharaan 2,7%
  19. Koleksi 3,2%
  20. Mainan dan hobi 3,2%
  21. Home improvement 3,6%
  22. Otomotif dan sepeda motor 3,6%
  23. Peralatan dan perangkat keras 3,6%

Lazada

1. Seller biasa: biaya transaksi 1,83% dan biaya layanan.

Biaya layanan per kategori sebagai berikut:

  • Kategori A 2,18%
  • Kategori B dan C  1,38%
  • Kategori D dan E 0,98%

2. Super seller: biaya transaksi 1,82%, biaya program super seller, dan biaya layanan.

Biaya layanan per kategori sebagai berikut:

  • Kategori A 2,18%
  • Kategori B dan C  1,38%
  • Kategori D dan E 0,98%

3. Lazmall: biaya transaksi 1,82% dan biaya layanan.

Biaya layanan per kategori sebagai berikut:

  • Kategori A 6,5%
  • Kategori B dan C  4,5%
  • Kategori D dan E 2,5%

Pengertian kategori produk di Lazada sebagai berikut:

  • Kategori A: Audio, Koper & Tas Travel, Tas Pria, Tas Anak, Tas Wanita, Perawatan & Kecantikan, Perlengkapan Tidur, Aksesoris Kamera & Drone, Aksesoris Komputer, Aksesoris Handphone, Perlengkapan Rumah & Furniture, Perlengkapan Makan & Dapur, Kesehatan, Pakaian & Sepatu Pria, Pakaian & Sepatu Wanita, Olahraga & Outdoor, Smart Devices, Makanan & Minuman, Buku & Alat Tulis, Ibu & Anak, Aksesoris Fashion, Automotif
  • Kategori B: Audio, Aksesoris Komputer, Gaming & Konsol, Smartwaches Aksesori
  • Kategori C: Hobi & Permainan, Kesehatan, Perlengkapan Rumah, Ibu & Anak, Hewan Peliharan, Alat Tulis & Kerajinan
  • Kategori D: Kamera & Drone, Komputer & Aksesoris, Aksesoris Lensa, Handphone & Aksesoris, Elektronik & Aksesoris, Automotif, Aksesoris Fashion
  • Kategori E: Komputer & Aksesoris, Makanan & Minuman, Kesehatan, Ibu & Anak, Alat Tulis & Aksesoris

Shopee

Rincian besaran biaya admin Shopee kepada penjual sebagai berikut:

Kategori produkNon StarStar dan Star+Shopee Mall
A4%4,7%4,7%
B3,2%4%4%
C3,2%4%4%
D2,8%3,3%3,3%
E2,8%3,3%3,3%

Penjelasan mengenai kategori produk di Shopee sebagai berikut:

  1. Kategori Grup A: Fashion, Elektronik (Kelistrikan), Kebutuhan Sehari-hari, Aksesoris Handphone, Olahraga & Outdoor, Otomotif dan lainnya
  2. Kategori Grup B: Elektronik (Peralatan Elektronik, Media Player, Konsol Game, Kamera, Peralatan Komputer), Otomotif dan lainnya
  3. Kategori Grup C: Elektronik (Alat Elektronik Tambahan, Aksesoris Handphone), Barang Kebutuhan Sehari-hari (Kesehatan, Makanan & Minuman, Ibu & Bayi), Hewan Peliharaan, Hobi & Koleksi, Aksesoris Komputer, dan lainnya
  4. Kategori Grup D: Aksesoris Fashion (Logam Mulia & Perhiasan), Elektronik (Alat-alat Rumah Tangga, Handphone & Gadget, Kamera, dan Komputer), dan lainnya
  5. Kategori Grup E: Elektronik (Alat Elektronik lainnya dan Aksesoris Komputer), Barang Kebutuhan Sehari-hari (Makanan & Minuman lainnya dan Ibu & Bayi), dan lainnya

Tokopedia

Rincian biaya layanan bebas ongkir Tokopedia sebagai berikut:

Keanggotaan2 Januari 2023
Regular merchant4%
Power merchant4%
Power merchant pro4%

Perbedaan dari ketiga keanggotaan tersebut ditentukan dari besaran penjualan per bulan. Statusnya juga dapat dilihat di masing-masing akun penjual.

Selain biaya layanan bebas ongkir, Tokopedia menaikkan biaya layanan atau potongan dari setiap produk terjual. Rincian kenaikannya sebagai berikut:

Kategori GrupPower merchant dan Power merchant proRegular merchant(setelah transaksi ke 100)
14,5%3,8%
23,8%3%
33,1%2,6%
41,8%1,6%
52%1%

Penjelasan mengenai kategori grup sebagai berikut:

  • Kategori grup 1: Buku, Dapur, Elektronik, Fashion Anak & Bayi, Fashion Muslim, Fashion Pria, Fashion Wanita, Handphone & Tablet, Ibu & Bayi, Kamera, Kecantikan, Mainan & Hobi, Makanan & Minuman, Office & Stationery, Olahraga, Otomotif, Perawatan Tubuh, Perlengkapan Pesta & Craft, Pertukangan, Produk Lainnya, Rumah Tangga, Tour & Travel, dan Wedding.
  • Kategori grup 2: Dapur, Elektronik, Film & Musik, Gaming, Ibu & Bayi, Kamera, Kesehatan, Komputer & Laptop, Mainan & Hobi, Makanan & Minuman, Office & Stationery, Otomotif, Perawatan Hewan, Perlengkapan Pesta & Craft, dan Pertukangan.
  • Kategori grup 3: Dapur, Elektronik, Fashion Anak & Bayi, Fashion Wanita, Gaming, Handphone & Tablet, Ibu & Bayi, Kamera, Kecantikan, Komputer & Laptop, Logam Mulia, Makanan & Minuman, Olahraga, Otomotif, Pertukangan, dan Properti.
  • Kategori grup 4: Handphone & Tablet
  • Kategori grup 5:  Otomotif

Bukalapak

Besaran biaya layanan Pelapak di Bukalapak sebagai berikut:

  • Kategori Group A 2%
  • Kategori Group B 1,5%
  • Pelapak reguler (non super seller) 1%

Biaya layanan yang kami kenakan sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Penjelasan mengenai kategori produk sebagai berikut:

  • Kategori Grup A meliputi: Motor, Sepeda, Industrial, Rumah Tangga, Handphone, Elektronik, Komputer, Kamera, Fashion Anak, Fashion Pria, Fashion Wanita, Food, Hobi & Koleksi, Kesehatan, Logam Mulia, Olahraga, Perawatan & Kecantikan, Perawatan Rumah Tangga, Perlengkapan Bayi, Perlengkapan Kantor, Tiket & Voucer
  • Kategori Grup B meliputi: Motor, Handphone, Elektronik, Komputer, Kamera

Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...