TikTok, Shopee, Tokopedia, Lazada Menaikkan Biaya Admin Penjual 2023

Lenny Septiani
9 Mei 2023, 10:35
Bukalapak, Lazada, TikTok, Tokopedia, Shopee
Katadata/Desy Setyowati
Bukalapak, Lazada, TikTok, Tokopedia, Shopee

TikTok Shop menaikkan biaya komisi kepada penjual per 1 Juni. Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak ternyata juga mengerek biaya admin yang dibebankan kepada pedagang.

Shopee menaikkan biaya admin penjual pada 29 Desember 2022. Tokopedia pada 2 Januari, Bukalapak 16 Januari, dan Lazada 24 April.

Advertisement

Sementara itu, TikTok Shop akan mengerek biaya komisi pedagang per 1 Juni Pukul 09.00 WIB. "TikTok Shop akan melakukan penyesuaian penting pada struktur biaya komisi,” kata TikTok melalui notifikasi untuk penjual di platform, Senin (8/5).

“Ini sebagai bagian dari komitmen TikTok Shop untuk terus melayani dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi seluruh penjual,” tambah TikTok.

Sebelumnya TikTok Shop mengenakan biaya 1% dari nilai produk dan flat fee atau biaya tetap Rp 2.000 untuk setiap transaksi. Biaya komisi ini dibebankan kepada pedagang.

Per 1 Juni, TikTok Shop akan mengenakan persentase biaya komisi yang berbeda untuk setiap kategori produk. Konsep seperti ini lebih dulu diterapkan oleh Shopee dan Tokopedia.

Biaya Komisi TikTok Shop, Shopee, Lazada, Tokopedia

TikTok Shop

Persentase biaya komisi untuk penjual di TikTok Shop per 1 Juni sebagai berikut:

  1. Handphone dan elektronik 1,9%
  2. Peralatan rumah tangga 1,9%
  3. Aksesori elektronik 4,3%
  4. Komputer dan peralatan kantor 2,7%
  5. Produk virtual seperti pulsa dan pembayaran tagihan 1%
  6. Buku, majalah, musik 4,3%
  7. Kecantikan 4,3%
  8. Personal care atau perawatan diri 4,3%
  9. Kesehatan 3,6%
  10. Makanan dan minuman 2,7%
  11. Liquor dan beverages 2,7%
  12. Kehamilan dan bayi 2,7%
  13. Fashion dan anak 4,3%
  14. Perlengkapan rumah 3,6%
  15. Peralatan dapur 3,6%
  16. Mebel 3,6%
  17. Tekstil dan soft furnishings 3,6%
  18. Perlengkapan hewan peliharaan 2,7%
  19. Koleksi 3,2%
  20. Mainan dan hobi 3,2%
  21. Home improvement 3,6%
  22. Otomotif dan sepeda motor 3,6%
  23. Peralatan dan perangkat keras 3,6%

Lazada

1. Seller biasa: biaya transaksi 1,83% dan biaya layanan.

Biaya layanan per kategori sebagai berikut:

  • Kategori A 2,18%
  • Kategori B dan C  1,38%
  • Kategori D dan E 0,98%

2. Super seller: biaya transaksi 1,82%, biaya program super seller, dan biaya layanan.

Biaya layanan per kategori sebagai berikut:

  • Kategori A 2,18%
  • Kategori B dan C  1,38%
  • Kategori D dan E 0,98%

3. Lazmall: biaya transaksi 1,82% dan biaya layanan.

Biaya layanan per kategori sebagai berikut:

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement