Setelah Gaet ChatGPT, Lazada Rilis Fitur Chat Otomatis

Lenny Septiani
1 Agustus 2023, 16:45
Lazada, chatgpt
Kredivo
Lazada

Lazada menggandeng pengembang ChatGPT yakni OpenAI untuk meluncurkan LazzieChat pada Mei. E-commerce ini kini meluncurkan asisten toko virtual yang dapat membalas pesan konsumen di fitur chat secara otomatis.

Asisten toko virtual bertajuk kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) itu diberi nama LISA alias Lazada IM Shop Assistant. Fungsi dan tools LISA yakni:

Advertisement
  • Membantu toko menjawab pertanyaan konsumen di fitur chat terutama saat periode kampanye
  • Menganalisis pertanyaan
  • Membantu memprediksi pertanyaan sesuai konteks yang ditanyakan oleh pelanggan. Apabila ada pertanyaan yang lebih kompleks atau unik, fitur ini akan mengalihkan ke admin toko untuk menjawab.
  • Gaya bahasa yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan gaya bahasa penjual

“Meski LISA berbasis chatbot, namun kami bisa menentukan cara fitur ini membalas para pembeli sesuai dengan bahasa penjual. Jadi interaksi dengan pelanggan bisa lebih akrab dan unik,” kata Direktur Eksekutif dan Chief Customer Officer Lazada Indonesia Ferry Kusnowo dalam keterangan pers, Selasa (1/8).

“Dengan memanfaatkan kekuatan chatbot cerdas ini, penjual dapat meningkatkan layanan kepada para pelanggan, memperkuat kehadiran toko dan merek,” Ferry menambahkan.

Pada Mei, Lazada meluncurkan chatbot e-commerce berbasis AI yang didukung oleh ChatGPT dan Azure OpenAI. Layanan kecerdasan buatan ini diklaim memberikan pengalaman belanja berbeda yang pertama di Asia Tenggara.

LazzieChat dapat menjawab pertanyaan soal berbelanja dari pengguna di platform Lazada. “Lazada termasuk perusahaan e-commerce pertama di Asia Tenggara yang mengintegrasikan ChatGPT dalam Azure OpenAI Service ke chatbot,” kata Chief Technology Officer Lazada Group Howard Wang dalam keterangan pers, pada Mei (25/5).

Chatbot akan terus belajar dari pengguna. Howard mengatakan, Lazada pun akan terus mengoptimalkan algoritme LazzieChat untuk bisa merespons pertanyaan pengguna dengan tepat dan bertanggung jawab.

Keunggulan teknologi tersebut yakni:

  • Didukung teknologi kemampuan bahasa alami dari Azure OpenAI Service, sehingga dapat memahami dan menanggapi pertanyaan dengan cara yang alami
  • Dapat menyarankan produk atau topik relevan dan mungkin menarik bagi pengguna
  • Dapat mencari deskripsi produk dan memberikan tautan produk yang tersedia di Lazada langsung di konsol chat

LazzieChat tersedia dalam Bahasa Inggris di Singapura dan Filipina, serta dalam Bahasa Indonesia. Nantinya LazzieChat tersedia dalam lebih banyak bahasa. LazzieChat dapat diakses dengan menggeser ke bawah halaman beranda aplikasi Lazada.

Reporter: Lenny Septiani
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait

Advertisement