Lazada Pakai ChatGPT, Tokopedia dan Blibli Merilis Layanan AI

Desy Setyowati
25 Mei 2023, 13:01
Lazada, tokopedia, blibli, chatgpt
Katadata/Desy Setyowati
Lazada, Blibli, Tokopedia

Lazada bekerja sama dengan pengembang ChatGPT, yakni OpenAI. Sedangkan Tokopedia dan Blibli kompak meluncurkan layanan berbasis teknologi kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI).

Lazada Group meluncurkan LazzieChat, chatbot e-commerce berbasis AI yang didukung oleh ChatGPT dan Azure OpenAI. Layanan kecerdasan buatan ini diklaim memberikan pengalaman belanja berbeda yang pertama di Asia Tenggara.

Advertisement

LazzieChat dapat menjawab pertanyaan soal berbelanja dari pengguna di platform Lazada. “Lazada termasuk perusahaan e-commerce pertama di Asia Tenggara yang mengintegrasikan ChatGPT dalam Azure OpenAI Service ke chatbot,” kata Chief Technology Officer Lazada Group Howard Wang dalam keterangan pers, Kamis (25/5).

Chatbot akan terus belajar dari pengguna. Howard mengatakan, Lazada pun akan terus mengoptimalkan algoritme LazzieChat untuk bisa merespons pertanyaan pengguna dengan tepat dan bertanggung jawab.

Keunggulan teknologi tersebut yakni:

  • Didukung teknologi kemampuan bahasa alami dari Azure OpenAI Service, sehingga dapat memahami dan menanggapi pertanyaan dengan cara yang alami
  • Dapat menyarankan produk atau topik relevan dan mungkin menarik bagi pengguna
  • Dapat mencari deskripsi produk dan memberikan tautan produk yang tersedia di Lazada langsung di konsol chat

LazzieChat tersedia dalam Bahasa Inggris di Singapura dan Filipina, serta dalam Bahasa Indonesia. Nantinya LazzieChat tersedia dalam lebih banyak bahasa.

LazzieChat dapat diakses dengan menggeser ke bawah halaman beranda aplikasi Lazada.

Menurut Howard, adopsi ChatGPT dan Azure OpenAI Service pada layanan LazzieChat sebagai bagian dari investasi dalam teknologi untuk membangun ekosistem digital berkualitas tinggi. Hal ini kemudian akan mendukung pertumbuhan jangka panjang.

“Pengalaman berbelanja online menjadi lebih dinamis dengan dukungan teknologi. Kami ingin menjembatani kesenjangan antara belanja offline dan online dengan memberikan pengalaman berkualitas yang digemari konsumen, dan bernilai lebih bagi brand dan penjual,” Howard menambahkan.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement