Riset: Biaya Layanan Naik, Konsumen Kurangi Belanja di E-commerce

Lenny Septiani
18 Agustus 2023, 15:55
e-commerce, belanja online,
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

E-commerce seperti Shopee, Tokopedia hingga TikTok Shop menaikkan biaya layanan kepada pelanggan dan penjual. Survei SleekFlow menunjukkan, hampir setengah konsumen berencana mengurangi belanja online.

Hal itu tertuang dalam laporan berjudul ‘Kenaikan Fee di Marketplace: Customer Loyalty dan Strategi Bagi Pebisnis 2023’. Laporan ini menyebutkan:

  • Biaya jasa layanan kepada pelanggan dikenakan Rp 1.000 – Rp 2.000 per transaksi
  • Komisi yang ditarik dari penjual naik dari sekitar 1% - 4% menjadi sekitar 5% - 6%

Regional GM ASEAN SleekFlow Asnawi Jufrie mengatakan, penerapan biaya jasa layanan dan kenaikan komisi tersebut menjadi tantangan baru bagi penjual. Selain itu, dapat berpotensi mengubah perilaku konsumen dalam berbelanja secara online.

Berdasarkan survei terhadap 105 responden di Indonesia. Responden yang disurvei berusia produktif dengan status pekerja full-time.

Rincian hasil survei SleekFlow yakni:

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...