Riset: Pedagang Lebih Untung di Shopee Ketimbang TikTok dan Tokopedia

Shopee dinilai paling memberikan omzet terbesar bagi pedagang online, menurut riset IPSOS. E-commerce bernuansa oranye ini disebut jauh mengalahkan Tokopedia dan TikTok Shop.
Hasil riset tersebut tertuang dalam laporan bertajuk ‘Understanding The Potentiality In E-commerce Seller’ pada Maret. Responden yang disurvei yakni penjual online, yang mayoritas merupakan pelaku usaha lokal, baik mitra brand maupun UMKM.
Hasil riset IPSOS sebagai berikut:
- Marketplace yang paling memberikan omzet terbesar bagi pedagang online:
- Marketplace yang paling memberikan keuntungan bagi pedagang online:
- Shopee 59%
- Tokopedia 20%
- TikTok Shop 8%
- Lazada 7%
- Citra marketplace:
- Shopee 67%
- Tokopedia 16%
- TikTok Shop 6%
- Lazada 6%
Itu artinya, ketika pedagang online mendengar platform marketplace, Shopee menjadi merek yang pertama kali muncul di benak mayoritas dari mereka. IPSOS menggunakan beberapa indikator dalam meneliti citra marketplace, termasuk Top Of Mind (TOM).
Berdasarkan indikator Brand Used Most Often (BUMO), platform marketplace yang paling sering digunakan oleh mayoritas pedagang online yakni:
- Shopee 80%
- Tokopedia 10%
- TikTok Shop 6%
- Lazada 3%
Berdasarkan pendekatan Loyalty Ratio, performa tiap marketplace sebagai berikut: