Bank Harus Rangkul Era Digital Untuk Sambut Pasar Masa Depan

Dicky Christanto W.D
Oleh Dicky Christanto W.D - Tim Publikasi Katadata
5 Agustus 2022, 16:51
Ilustrasi teknologi cloud
Katadata
Ilustrasi teknologi cloud

Salah satu dampak tak terhindarkan dari pandemi Covid-19 adalah modernisasi dalam industri layanan keuangan.

Saat ini, lanskap perbankan menunjukkan pergeseran menuju perilaku cloud-native yang mewajibkan vendor untuk berorientasi pada layanan berbasis API (Application Programming Interface) dan meninggalkan ketergantungan pada sistem yang lama.

Saat ini, banyak institusi keuangan, demi mencapai efisiensi jangka pendek, mengadopsi strategi “two-speed architecture”, sebuah model bisnis digital yang menempatkan front-end yang cepat dan berfokus pada pelanggan berjalan beriringan dengan back-end yang serba lambat dan berorientasi bisnis.

Strategi ini mampu memberikan impresi kuat bahwa perusahaan yang menerapkannya bisa mengimbangi pasar, hanya saja, di belakang layar, bagian back-end harus berjuang keras untuk mewujudkannya.

Alih-alih membantu perusahaan tetap bertahan dalam persaingan, strategi “two-speed architecture” ini nyatanya menghambat institusi tradisional karena menciptakan kondisi yang terputus dari teknologi, budaya silo (enggan berbagi informasi) sehingga menimbulkan retensi talenta dan mengurangi agility, atau kelincahan dalam menyikapi situasi.

Oleh karena itu institusi keuangan yang berpikiran maju akan melepaskan diri dari kendala sistem lama dan merangkul era digital dan mengesampingkan kebutuhan untuk alternatif berkecepatan tinggi.

Untuk melakukan hal tersebut, mereka menerapkan lima prinsip desain utama untuk metodologi mereka:

  1. Terus-menerus melakukan penyesuaian ulang bisnis dengan perilaku pelanggan dan kekuatan pasar
  2. Memberi kebebasan kepada tim untuk menghasilkan inovasi yang berdampak besar
  3. Merangkul setiap kemajuan teknologi sambil menghilangkan tech debt (penggunaan ulang dan konfigurasi ulang semuanya)
  4. Memanfaatkan ekosistem digital untuk evolusi produk yang berkelanjutan
  5. Beradaptasi dan terus menyelaraskan diri

Inti dari kesuksesan adalah memastikan bahwa organisasi dan budaya selaras dengan tujuan transformasi.

Merek keuangan tradisional yang ingin beradaptasi dengan model operasi kecepatan tinggi perlu mengevaluasi persyaratan dengan benar dan memilih pendekatan transformasi terbaik untuk mereka berdasarkan aset yang ada, persyaratan fungsionalitas, dan biaya.

Sebelum beralih, penting untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang sistem lama untuk memastikan kesinambungan, memutuskan bagaimana data akan disimpan selama migrasi dan mengembangkan dokumentasi peta jalan migrasi yang ketat dengan fokus pada deteksi kegagalan dini dan pengambilan keputusan yang cepat.

Supaya sejalan dengan pendekatan metodologi yang agile, peta jalan perlu dibagi menjadi serangkaian pencapaian yang lebih kecil dan mudah dicapai, sehingga membantu memprioritaskan rilis parsial yang produktif dan menghindari implementasi big-bang di menit-menit terakhir.

Sertakan upaya peta jalan yang gagal, dan kasus bisnis yang direvisi saat memfaktorkan skenario implementasi.

Dibangun berdasarkan prinsip ekosistem terbuka, teknologi dengan API aktif yang dapat disusun, memberikan landasan untuk mengurangi kerumitan TI, mengurangi biaya pengoperasian, dan memaksimalkan fleksibilitas untuk transformasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...