Kominfo Targetkan 500 Pasar Tradisional Jualan Online Tahun Ini
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menargetkan 500 pasar trandisional bisa mulai berjualan secara online tahun ini. Program ini merupakan program pemerintah dalam rangka pemerataan akses digital di pasar tradisional.
“Untuk tahun ini, targetnya ada 500 pasar tradisional yang akan kami kunjungi untuk dijadikan percontohan di seluruh Indonesia,” kata Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika, Kominfo, Semuel Pangerapan dalam kunjungan ke Pasar Tebet, Jakarta Selatan, dikutip dari siaran pers, Rabu (27/2).
Menurutnya, pembinaan pedagang pasar tradisional ini merupakan bagian dari program bertajuk Gerakan UMKM GO Online. Program ini, menurut Semuel sebagai keberpihakan Kominfo untuk pengusaha UMKM agar bisa meningkatkan skala bisnis mereka.
(Baca juga: Konsumen E-Commerce Lebih Nyaman Belanja di Perusahaan Lama)
“Mereka suduah punya toko offline, jadi kalau punya toko online juga, mereka tidak hanya nunggu pembeli yang di sini tapi juga bisa pembeli di seluruh Indonesia,” ujarnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam Program UMKM Go Online peerintah tidak hanya menyiapkan teknologi, melainkan juga menghadirkan para relawan yang siap membantu UMKM untuk bisa berjualan online.
Program UMKM Go Online bertujuan untuk menciptakan 8 juta pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) untuk bersiap memasuki transformasi digital. Program tersebut juga menargetkan peluang pasar baru bagi pelaku UMKM di Indonesia untuk skala regional maupun global.