Perjalanan Alibaba Memanjakan Para Jomblo dengan Pesta Diskon
Bagi Daniel Zhang, “Singles Day” tak sekadar sebuah tradisi di Tiongkok untuk merayakan mereka yang masih sendirian. Dengan jeli, lelaki yang tahun depan akan menggantikan Jack Ma sebagai Chairman Alibaba Group ini melihat perayaan para jomblo tersebut sebagai pasar besar dalam menggerakkan perdagangan dan industri digital.
Karena itu, sepuluh tahun lalu dia membuat konsep 11.11. Singles Day yang awalnya dirayakan oleh para mahasiswa jomblo di Universitas Nanjing, Cina, diubah menjadi acara belanja online terbesar tahunan di Tiongkok, bahkan di dunia. Ia membawa para jomblo yang biasanya berbondong-bondong ke karaoke, makan, dan kegiatan memanjakan diri lainnya beralih untuk memborong kado bagi diri mereka sendiri melalui platform online Tmall.
(Baca: Kapal Api - Indomie Hiasi Paviliun Indonesia di Pesta Belanja Alibaba).
Kali ini, Alibaba Group merencanakan 11.11 Global Shopping Festival yang lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. “Di balik transformasi digital Tiongkok yang sangat eksplosif, pertumbuhan luar biasa festival ini selama dekade terakhir telah mendukung kualitas konsumsi yang stabil,” kata CEO Alibaba Group Daniel Zhang ketika membuka festival ini beberapa waktu lalu.
Untuk pertama kalinya, Festival 11.11 di 2009 meraup tingkat transkasi di merchandise atau Gross Merchandise Value (GMV) sebesar US$ 7,8 juta. Tahun lalu, total GMV melejit hingga US$ 25,3 miliar. Hal ini seiring dengan pengguna internet di Tiongkok yang meningkat menjadi 802 juta dalam 10 tahun terakhir, dan 98 persen di antaranya mengakses internet melalui telepon genggam.
Berikut ini perjalanan satu dekade Alibaba memanjakan para lelaki atau perempuan yang masih melajang dengan diskon “gila-gilaan”. Di sejumlah negara, seperti Indonesia, Alibaba menggelar pesta diskon ini melalui Lazada. Ada 60 ribu merek internasional bagi konsumen Tiongkok. Sejauh ini, negara yang paling banyak menjual ke Cina yaitu Jepang, Amerika Serikat, Australia, Jerman, Korea Selatan.
(Baca: 11.11, Ajang Pesta Belanja untuk Para Jomblo).
2009
Taobao Mall (Tmall) mengadakan 11.11 untuk pertama kalinya. Tmall menawarkan potongan harga paling sedikit 50 persen dan bebas biaya pengiriman untuk 27 merek. Pada hari itu, total GMV mencapai RMB 52 juta, sekitar US$ 7,8 juta, melewati GMV rata-rata per hari pada tahun itu yang hanya RMB 8 juta
2010
Taobao Mall meluncurkan domain www.tmall.com di Beijing. Total GMV melebihi US$ 14 juta dan GMV dari 28 merek melebihi RMB 1 juta
2011
Ada 2.200 toko berpartisipasi dalam festival belanja di tahun ini. Total GMV melebihi RMB 100 juta dalam 8 menit setelah 11.11 Global Shopping Festival dibuka dan tembus RMB 1 miliar dalam 10 jam. Total transaksi di Alipay mencapai 100 juta transaksi.
2012
Alibaba Group melakukan rebranding Taobao Mall menjadi Tmall dengan meluncurkan periode pre-sale yang memberikan kesempatan pada konsumen untuk memesan produk beberapa minggu sebelum festival. Total GMV melebihi RMB 10 miliar dalam 13 jam.
2013
Total GMV tahun ini melampaui capaian tahun sebelumnya dalam 13 jam. Alibaba meluncurkan sistem rantai pasokan baru. Hal ini memastikan konsumen mendapatkan akses langsung untuk barang segar impor. Alibaba juga mengubah model pengelolaan inventaris untuk para pemasok.
2014
Alibaba menerapkan strategi “All-in Mobile” di 11.11 pertama sejak saham Alibaba diperdagangkan di Bursa Efek New York. Tahun ini, GMV dari gawai mencapai 42,6 % dari total GMV
2015
Alibaba memperkenalkan Tmall 11.11 sebagai Tmall 11.11 Global Shopping Festival. Uuntuk pertama kalinya ada gala hitung mundur di Beijing. Alibaba menggabungkan ritel dengan hiburan dengan memberikan akses interaksi kepada para konsumen melalui gawai mereka.
2016
Total GMV tahun ini melewati angka simbolis RMB 111,1 miliar dengan RMB 1,1 miliar dari transaksi luar negeri sehingga membawa konsep Global Buy, Global Sell secara luas. Dengan menggunakan Alibaba Cloud, Alibaba mampu memproses 175 ribu pesanan per detik dan 120 ribu transaksi per detik pada puncak 11.11.
2017
Untuk pertama kalinya, “New Retail” terintegrasi dalam Tmall 11.11 Global Shopping Festival. Satu juta pedagang berpartisipasi dalam acara ini, menciptakan pengalaman daring-ke-luring (online-to-offline) di lebih dari 100 ribu toko pintar dan toko pop-up di lebih dari 50 pusat perbelanjaan.
Festival ini mengintegrasikan beberapa layanan teknologi kecerdasan buatan Alibaba, seperti Luban (perancang visual AI), Alimebot (pramuniaga AI dan agen layanan konsumen). Robot gudang Cainiao membuat 11.11 menjadi contoh yang paling signifikan mengenai kolaborasi manusia dan robot.