Disuntik Modal Google dan Temasek, Tokopedia Berpeluang Jadi Decacorn

Desy Setyowati
16 November 2020, 17:34
Disuntik Modal Google dan Temasek, Tokopedia Berpeluang Jadi Decacorn
Dok: Tokopedia
Ilustrasi Tokopedia

Perusahaan e-commerce, Tokopedia mengonfirmasi telah mendapatkan pendanaan dari Google dan Temasek. Dengan tambahan modal ini, unicorn itu berpeluang menjadi decacorn.

Namun, CEO Tokopedia William Tanuwijaya tidak menyebutkan besaran dana segar yang diterima. “Kami sangat senang menyambut Temasek dan Google sebagai pemegang saham Tokopedia,” kata dia melalui akun Instagram-nya @liamtanu, Senin (16/11).

Ia optimistis, masuknya kedua perusahaan itu akan mendorong Tokopedia untuk menjadi perusahaan yang kuat dan tumbuh berkelanjutan. “Ini supaya dapat terus mengakselerasi transformasi digital dan memeratakan ekonomi melalui teknologi di Indonesia,” ujar dia.

Sebelum memperoleh dana segar tersebut, valuasi Tokopedia disebut-sebut US$ 7,5 miliar. Untuk menjadi decacorn, valuasinya minimal US$ 10 miliar.

Asia Nikkei Review melaporkan, berdasarkan dokumen yang diajukan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia tertanggal 4 November, Google memegang 1,6 saham Tokopedia. Sedangkan perusahaan afiliasi Temasek yakni Anderson Investments memiliki 3,3% saham.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...