Kominfo Dorong Kolaborasi E-commerce dan Layanan Logistik di Pedesaan

Rezza Aji Pratama
26 Desember 2021, 11:39
e-commerce
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/wsj.
Warga menggunakan perangkat elektronik untuk berbelanja daring di salah satu situs belanja daring di Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/2/2021).

Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong kemitraan layanan e-commerce dan logistik demi meningkatkan potensi ekonomi digital di pedesaan. 

Inspektur Jenderal Kementerian Kominfo Doddy Setiadi mengatakan kemitraan ini akan membuat pasar e-commerce Indonesia terus berkembang.

Advertisement

“Kemitraan tersebut akan melibatkan kolaborasi peningkatan infrastruktur logistik, penguatan layanan point-to-point, dan peningkatan pemenuhan last-mile delivery. Tidak hanya menjangkau seluruh wilayah negara namun bisa menjadi solusi bagi penjual online di daerah pedesaan,” katanya, dalam keterangan resmi yang diterima Katadata, Minggu (26/12). 

Melalui kemitraan yang terbangun, Doddy berharap keberadaan layanan logistik akan menjadi pendorong bisnis daerah pedesaan menjangkau pelanggan global. Menurutnya, kondisi geografis indonesia menjadi tantangan tersendiri dalam pengembangan ekonomi digital melalui pemanfaatan e-commerce. 

Sejak awal pandemi Covid-19, di Indonesia terjadi peningkatan jumlah konsumen digital sebesar 21 juta orang. Doddy menyatakan sebanyak 72% berasal dari wilayah pedesaan. Guna memperkuat pertumbuhan ekonomi digital di kawasan pedesaan, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyiapkan infrastruktur digital serta mendorong inovasi dan kemitraan layanan e-commerce dan logistik.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement