Dikabarkan Akan Ditinggal JD.Com, JD.ID PHK Lagi 200 Pegawai

Desy Setyowati
13 Desember 2022, 17:03
jd.id, phk, startup, jd.com
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/rwa.
Pengunjung mempraktikkan pemanfaatan platform penjualan digital (e-commerce) JD.ID di Paris van Java Mall, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (8/5/2021).

JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja alias PHK terhadap 200 pegawai atau 30% dari total. E-commerce ini juga dikabarkan bakal ditinggal oleh JD.Com.

Ini kedua kalinya JD.ID melakukan PHK sejak awal tahun. Head of Corporate Communications and Public Affairs JD.ID Setya Yudha Indraswara menyapaikan, perusahaan menghadapi tantangan ekonomi dan perubahan bisnis digital yang sangat cepat.

PHK dilakukan sebagai salah satu langkah untuk menyesuaikan struktur perusahaan dengan perubahan industri. “Langkah adaptasi perlu diambil untuk menjawab tantangan perubahan bisnis yang sungguh cepat belakangan,” kata Satya dalam keterangan pers, Selasa (13/12).

“Salah satu langkah yang diambil manajemen yakni perampingan agar perusahaan dapat terus bergerak menyesuaikan dengan perubahan,” tambah dia.

Tantangan yang dimaksud yakni kenaikan suku bunga acuan bank sentral di global. Selain itu, gejolak geopolitik Rusia dan Ukraina yang masih berlangsung.

Oleh karena itu, perseroan mewaspadai dampaknya dan menyusun strategi agar dapat bertahan. Apalagi, menurutnya bisnis e-commerce menjamur sehingga persaingan dan kampanye produk tidak dapat dihindarkan.

Namun, ia menegaskan bahwa JD.ID terus berfokus memperbaiki sistem bisnis dan arus kas agar membukukan margin positif.

E-commerce itu juga memberikan dukungan kepada karyawan yang di-PHK di antaranya:

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...