TikTok Shop Bidik Jadi Pemain Terdepan Bisnis E-Commerce di Indonesia

Lenny Septiani
16 Mei 2023, 17:42
TikTok, shopee, tokopedia
Unsplash
TikTok

TikTok Shop menargetkan untuk menjadi e-commerce terdepan di Indonesia. Anak usaha Bytedance ini harus mengalahkan pesaing seperti Tokopedia dan Shopee.

“Kami ingin menjadi yang terdepan di Indonesia sebagai marketplace dan nantinya menjadi yang terbesar di Asia Tenggara,” kata Incubation Lead TikTok Shop Indonesia Vonny Emita Susamto dalam acara Media Interview: Mendalami Tren Community Commerce dan Pengaruhnya Terhadap Digitalisasi UMKM di Jakarta, Selasa (16/5).

Berdasarkan riset TikTok bersama DSInnovate terhadap 1.500 pelaku UMKM di Indonesia, kesadaran digital pelaku usaha kecil kini semakin tinggi. Hasil surveinya yakni:

  •         87% menyadari peluang digitalisasi
  •         83,8% mulai menerapkan teknologi dalam berbagai skala dalam bisnis mereka, yang dimanfaatkan untuk:
  1. Promosi produk
  2. Berinteraksi secara dua arah dengan konsumen
  3. Melakukan kegiatan penjualan di platform pilihan mereka
  •         91,3% menggunakan media sosial sebagai saluran pemasaran
  •         72,5% menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen
  •         Lebih dari 80% menggunakan media sosial untuk penjualan, termasuk TikTok Shop

Tidak disebutkan riset dilakukan secara online atau offline. Namun ada sesi wawancara dengan pemangku kepentingan terkait untuk menjajaki peluang transformasi digital di UMKM Indonesia.

Namun Vonny tidak memerinci margin of error atau tingkat kesalahan dari riset tersebut.

Vonny mengatakan TikTok ada di persimpangan antara commerce, konten yang menghibur, dan komunitas. Ada konten organik yang bisa menjadi tren dengan cepat, dan menciptakan permintaan secara global.

Oleh karena itu, TikTok Shop membentuk Community Commerce atau social commerce yang didorong oleh kreator konten yang melakukan pemasaran dari mulut ke mulut atau word of mouth.

Head of SMB TikTok Indonesia Pandu Nitiseputro mengatakan, Community Commerce di TikTok menerapkan konsep Shoppertainment. Ada konten autentik dan menghibur yang dinilai menjadi kunci untuk menarik interaksi dan partisipasi aktif dari komunitas TikTok.

"Interaksi antara brand, kreator, dan komunitas inilah yang akhirnya mendorong keputusan konsumen untuk berbelanja," katanya.

"Melalui konsep ini, kami terus mendorong para penjual untuk menciptakan unsur hiburan terlebih dahulu supaya komunitas TikTok tertarik membeli,” ujar Pandu.

Ia pun mengungkapkan produk yang paling populer di TikTok Shop yakni:

  • Fashion
  • Kecantikan dan perawatan diri
  • Elektronik
  • Kuliner

Namun ia tidak berkomentar mengenai transaksi rata-rata penjual di TikTok Shop maupun peningkatannya. Sedangkan program MajuBarengTikTok yang dimulai pada 2021 menggaet lebih dari 50 ribu UMKM.


Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...