Motor Listrik Jadi Produk Terlaris di Tokopedia, Naik 10 Kali Lipat
Tokopedia mengungkan data penjualan produk selama Semester I. Penjualan mobil dan motor listrik naik hingga 10 kali lipat.
“Saat ini ada lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia. Hampir 100% pelaku UMKM," kata Corporate Affairs Lead Tokopedia, Antonia Adega dalam keterangan pers, Senin (31/7).
"Masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia bisa mengakses lebih dari 1,8 miliar produk terdaftar melalui Tokopedia,” Antonia menambahkan.
Rincian transaksi di Tokopedia selama Semester I dibandingkan Semester II 2022 sebagai berikut:
- Produk Otomotif, mobil, motor dan oli menjadi sejumlah produk paling laris. Rata-rata peningkatan transaksi lebih dari dua kali lipat.
- Penjualan mobil listrik naik hampir empat kali lipat
- Penjualan motor listrik meningkat hampir 10 kali lipat
- Produk fesyen seperti baju muslim anak, pakaian muslim pria dan outerwear muslim wanita mencatatkan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari tiga kali lipat
- Produk Elektronik seperti True Wireless Stereo atau TWS, smartphone hingga tablet, rata-rata alami peningkatan transaksi hampir 4,5 kali lipat
- Kategori produk Hobi dan Gaya Hidup, perangkat virtual reality, sim card international dan board game tercatat naik rata-rata hampir enam kali lipat
- Transaksi layanan Hyperlocal Tokopedia di Indonesia Timur naik delapan kali lipat. Dengan rincian sebagai berikut:
- Kenaikan jumlah tertinggi di jumlah penjual, yaitu Aceh Tenggara, Sampang (Jawa Timur) dan Bulukumba (Sulawesi Selatan) rata-rata dua kali lipat
- Kenaikan transaksi penjual tertinggi di Nduga (Papua Pegunungan), Maluku Barat Daya (Maluku) dan Raja Ampat (Papua Barat Daya) rata-rata delapan kali lipat
- Pengiriman terjauh dari Banda Aceh (Aceh) ke Merauke (Papua Selatan) untuk produk jersey dan celana sepeda
Tokopedia menggelar sejumlah promosi untuk me ggenjot transaksi di anataranya:
- Tokopedia Garage dengan flash sale serba Rp 5.000 untuk produk otomotif
- Diskon mobil maupun motor listrik hingga Rp 10 juta
- Women in Style, Galeri Fashion Pria dan Modest On Trend diskon hingga 90%, cashback sampai Rp 500 ribu dan flash sale mulai dari Rp 5.000
Tokopedia juga mencatatkan kenaikan transaksi produk Mattel termasuk boneka Barbie lebih dari dua kali lipat dibandingkan rata-rata transaksi harian sepanjang 1 Mei - 20 Juli.
Anak usaha GoTo itu juga menggandeng brand lokal yang memiliki kolaborasi spesial dengan Barbie seperti ESQA Cosmetics, SOVLO dan Day and Night.
ESQA mencatatkan kenaikan transaksi hampir 1,5 kali lipat di Tokopedia sejak peluncuran produk kolaborasi Barbie.