Riset: Pedagang Lebih Untung di Shopee Ketimbang TikTok dan Tokopedia

Desy Setyowati
25 September 2023, 09:16
Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada
Katadata/Desy Setyowati
Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada

Shopee dinilai paling memberikan omzet terbesar bagi pedagang online, menurut riset IPSOS. E-commerce bernuansa oranye ini disebut jauh mengalahkan Tokopedia dan TikTok Shop.

Hasil riset tersebut tertuang dalam laporan bertajuk ‘Understanding The Potentiality In E-commerce Seller’ pada Maret. Responden yang disurvei yakni penjual online, yang mayoritas merupakan pelaku usaha lokal, baik mitra brand maupun UMKM.

Hasil riset IPSOS sebagai berikut:

  • Marketplace yang paling memberikan omzet terbesar bagi pedagang online:
  1. Shopee 65%
  2. Tokopedia 16%
  3. TikTok Shop 9%
  4. Lazada 6%
  • Marketplace yang paling memberikan keuntungan bagi pedagang online:
  1. Shopee 59%
  2. Tokopedia 20%
  3. TikTok Shop 8%
  4. Lazada 7%
  • Citra marketplace:
  1. Shopee 67%
  2. Tokopedia 16%
  3. TikTok Shop 6%
  4. Lazada 6%

Itu artinya, ketika pedagang online mendengar platform marketplace, Shopee menjadi merek yang pertama kali muncul di benak mayoritas dari mereka. IPSOS menggunakan beberapa indikator dalam meneliti citra marketplace, termasuk Top Of Mind (TOM).

Berdasarkan indikator Brand Used Most Often (BUMO), platform marketplace yang paling sering digunakan oleh mayoritas pedagang online yakni:

  1. Shopee 80%
  2. Tokopedia 10%
  3. TikTok Shop 6%
  4. Lazada 3%

Berdasarkan pendekatan Loyalty Ratio, performa tiap marketplace sebagai berikut:

  1. Shopee mendapat nilai 84%
  2. Tokopedia 14%
  3. TikTok Shop 10%
  4. Lazada 6%

IPSOS menilai, digitalisasi mengubah cara UMKM beroperasi dan berinteraksi dengan konsumen. Salah satu tren yakni berjualan melalui live streaming.

Live streaming merupakan bentuk pemasaran online yang memungkinkan penjual menampilkan produk secara langsung melalui platform e-commerce.

Hal itu memberikan peluang bagi UMKM untuk menciptakan proses jual beli yang lebih interaktif, sehingga dapat menunjukkan produk secara real-time, menjawab pertanyaan konsumen, dan mendorong pembelian secara langsung selama siaran berjalan.

Fitur live streaming yang paling banyak dipilih oleh pedagang online yakni Shopee Live 69%. Fitur Shopee ini juga menjadi yang paling diingat oleh masyarakat dengan hasil 60%.

Pangsa pasar jumlah transaksi alias share of order Shopee Live 56% dalam enam bulan terakhir. Dari sisi nilai transaksi, mencapai 54%.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...