TikTok Akuisisi Tokopedia, Pasar E-commerce RI Makin Dikuasai Asing?

Desy Setyowati
11 Desember 2023, 15:43
Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada, e-commerce asing,
Katadata/Desy Setyowati
Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada

TikTok resmi mengakuisisi Tokopedia dari GoTo. E-commerce Indonesia makin dikuasai oleh asing?

TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 22,5 triliun ke Tokopedia. Ini sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.

Advertisement

“TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia,” demikian dikutip dari keterangan pers, Senin (11/12).

Kemitraan strategis TikTok dan GoTo Gojek Tokopedia akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait.

Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. 

Hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit.

E-Commerce Indonesia Dikuasai Asing

Direktur Ekonomi Digital dan Ekonom CELIOS Nailul Huda mengatakan, pasar e-commerce Indonesia pada dasarnya memang dikuasai investasi asing, sebelum TikTok menyuntik modal Tokopedia.

“Tapi memang kehadiran TikTok akan semakin menyemarakkan kehadiran investor asing di dalam ekosistem digital Indonesia,” kata Nailul kepada Katadata.co.id.

“Dalam bisnis, sebagai perusahaan terbuka, tentu jika memang investor asing tersebut bisa membuat perusahaan berkinerja lebih bagus tentu tidak masalah,” Nailul menambahkan.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement