Belanja Bisa di TikTok, Mendag Beri Waktu 3 Bulan Patuhi Aturan

Desy Setyowati
12 Desember 2023, 11:35
Tiktok, tokopedia, kemendag
Katadata/Desy Setyowati
Mendag Zulkifli Hasan saat menghadiri konferensi pers Harbolnas 12.12 Tokopedia dan TikTok di kantor Tokopedia, Selasa (12/12).

TikTok dan Tokopedia resmi bekerja sama pada Senin (11/12). Menteri Perdagangan alias Mendag Zulkifli Hasan memberi waktu tiga sampai empat bulan bagi keduanya mematuhi keseluruhan peraturan.

Peraturan Mendag alias Permendag Nomor 31 tahun 2023 melarang fitur media sosial dan e-commerce di satu aplikasi. Aturan ini yang membuat TikTok menutup TikTok Shop pada awal Oktober (4/10).

Kini TikTok kembali hadir dengan mengakuisisi saham Tokopedia. Namun berdasarkan pantauan Katadata.co.id, konsumen bisa berbelanja langsung di aplikasi media sosial TikTok.

Konsumen bisa mencari produk hingga melakukan pembayaran di aplikasi media sosial TikTok. Walaupun sudah ada label TikTok x Tokopedia di aplikasi.

Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas menyampaikan, konsumen masih bisa berbelanja di TikTok karena masih masa migrasi.

"Ini masih migrasi. Jadi baru mulai," kata Zulhas usai saat menghadiri konferensi pers Harbolnas 12.12 Tokopedia dan TikTok di kantor Tokopedia, Selasa (12/12).

Permendag Nomor 31 tahun 2023 tetap akan menjadi patokan. "Jadi kalau ditanya, apakah TikTok buka kembali? Ini kolaborasi. E-commerce-nya Tokopedia," kata dia.

"Kami memberi waktu tiga sampai empat bulan masa percobaan. Teknologi kan tidak mudah. Kami melihat sejauh mana perkembangannya agar disempurnakan," ujar Zulhas.

"Pada saatnya akan kami nilai. Penilaiannya ada tim," Zulhas menambahkan.

Kemitraan strategis TikTok dan GoTo Gojek Tokopedia akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait.

Program yang akan diluncurkan di masa uji coba itu adalah kampanye Beli Lokal yang dimulai besok (12/12) atau bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas.

Hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant dengan fokus utama produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok memungkinkan para pengguna berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit.

“TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce,” demikian dikutip dari keterangan pers, Senin (11/12).

Selain itu, mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang. Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...