Perbandingan Biaya Admin Penjual di TikTok x Tokopedia, Shopee, Lazada

Desy Setyowati
21 Desember 2023, 07:47
Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada, biaya admin penjual
Katadata/Desy Setyowati
Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada

Dua e-commerce menaikkan biaya yang harus dibayarkan oleh penjual per akhir tahun ini. Berikut perbandingan biaya admin pedagang di TikTok, Tokopedia, Shopee, dan Lazada.

TikTok dan Tokopedia belum mengonfirmasi tentang biaya admin yang ditanggung oleh penjual setelah platform bergabung. TikTok hanya menyampaikan bahwa besaran komisi tidak berubah.

“Tetap berdasarkan kebijakan awal,” kata TikTok melalui notifikasi kepada para pedagang di TikTok Seller, pekan lalu (11/12). “Jika Anda adalah penjual, baik di TikTok Shop dan juga Tokopedia, Anda harus membayarkan biaya komisi ke masing-masing platform.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, penjual membayar biaya admin sesuai aturan TikTok jika pembeli bertransaksi di platform ini. Begitu pun di Tokopedia.

Biaya Admin Penjual di Tokopedia

Tokopedia menyesuaikan biaya layanan yang akan dihitung berdasarkan kategori produk terjual per 6 Desember. Rinciannya sebagai berikut:

Kategori grup 1

  • Power merchant pro dan power merchant : 4,5% 
  • Regular merchant (setelah transaksi ke-100) : 3,8%

Kategori grup 2

  • Power merchant pro dan power merchant : 3,8% 
  • Regular merchant (setelah transaksi ke-100) : 3%

Kategori grup 3

  • Power merchant pro dan power merchant : 3,1% 
  • Regular merchant (setelah transaksi ke-100) : 2,6%

Kategori grup 4

  • Power merchant pro dan power merchant : 1,8% 
  • Regular merchant (setelah transaksi ke-100) : 1,6%

Kategori grup 5

  • Power merchant pro dan power merchant : 2% 
  • Regular merchant (setelah transaksi ke-100) : 1%

Penjelasan mengenai kategori grup sebagai berikut:

  1. Kategori grup 1: Buku, Dapur, Elektronik, Fashion Anak & Bayi, Fashion Muslim, Fashion Pria, Fashion Wanita, Handphone & Tablet, Ibu & Bayi, Kamera, Kecantikan, Mainan & Hobi, Makanan & Minuman, Office & Stationery, Olahraga, Otomotif, Perawatan Tubuh, Perlengkapan Pesta & Craft, Pertukangan, Produk Lainnya, Rumah Tangga, Tour & Travel, dan Wedding.
  2. Kategori grup 2: Dapur, Elektronik, Film & Musik, Gaming, Ibu & Bayi, Kamera, Kesehatan, Komputer & Laptop, Mainan & Hobi, Makanan & Minuman, Office & Stationery, Otomotif, Perawatan Hewan, Perlengkapan Pesta & Craft, dan Pertukangan.
  3. Kategori grup 3: Dapur, Elektronik, Fashion Anak & Bayi, Fashion Wanita, Gaming, Handphone & Tablet, Ibu & Bayi, Kamera, Kecantikan, Komputer & Laptop, Logam Mulia, Makanan & Minuman, Olahraga, Otomotif, Pertukangan, dan Properti.
  4. Kategori grup 4: Handphone & Tablet
  5. Kategori grup 5:  Otomotif

Biaya Admin Penjual di TikTok

TikTok Shop menaikkan biaya komisi kepada penjual per 1 Juni. "TikTok Shop akan melakukan penyesuaian penting pada struktur biaya komisi,” kata TikTok melalui notifikasi untuk penjual di platform, pada Mei (8/5).

Sebelumnya TikTok Shop mengenakan biaya 1% dari nilai produk dan flat fee atau biaya tetap Rp 2.000 untuk setiap transaksi. Biaya komisi ini dibebankan kepada pedagang.

Per 1 Juni, TikTok Shop akan mengenakan persentase biaya komisi yang berbeda untuk setiap kategori produk. 

Persentase biaya komisi untuk penjual di TikTok Shop per 1 Juni sebagai berikut:

  1. Handphone dan elektronik 1,9%
  2. Peralatan rumah tangga 1,9%
  3. Aksesori elektronik 4,3%
  4. Komputer dan peralatan kantor 2,7%
  5. Produk virtual seperti pulsa dan pembayaran tagihan 1%
  6. Buku, majalah, musik 4,3%
  7. Kecantikan 4,3%
  8. Personal care atau perawatan diri 4,3%
  9. Kesehatan 3,6%
  10. Makanan dan minuman 2,7%
  11. Liquor dan beverages 2,7%
  12. Kehamilan dan bayi 2,7%
  13. Fashion dan anak 4,3%
  14. Perlengkapan rumah 3,6%
  15. Peralatan dapur 3,6%
  16. Mebel 3,6%
  17. Tekstil dan soft furnishings 3,6%
  18. Perlengkapan hewan peliharaan 2,7%
  19. Koleksi 3,2%
  20. Mainan dan hobi 3,2%
  21. Home improvement 3,6%
  22. Otomotif dan sepeda motor 3,6%
  23. Peralatan dan perangkat keras 3,6%

Biaya Admin Penjual di Shopee

Shopee menaikkan biaya admin para penjual atau seller mulai hari ini (1/12). Kenaikan akan berlaku untuk penjual kategori Non-Star dan Star atau Star+.

“Per 1 Desember, terdapat penyesuaian pada pembagian kategori produk dan biaya administrasi penjual Star/Star+ dan Non-Star,” kata Shopee dalam laman resmi, Jumat (1/12).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...