Perbandingan Biaya Admin Penjual di TikTok x Tokopedia, Shopee, Lazada

Desy Setyowati
21 Desember 2023, 07:47
Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada, biaya admin penjual
Katadata/Desy Setyowati
Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada

Dua e-commerce menaikkan biaya yang harus dibayarkan oleh penjual per akhir tahun ini. Berikut perbandingan biaya admin pedagang di TikTok, Tokopedia, Shopee, dan Lazada.

TikTok dan Tokopedia belum mengonfirmasi tentang biaya admin yang ditanggung oleh penjual setelah platform bergabung. TikTok hanya menyampaikan bahwa besaran komisi tidak berubah.

“Tetap berdasarkan kebijakan awal,” kata TikTok melalui notifikasi kepada para pedagang di TikTok Seller, pekan lalu (11/12). “Jika Anda adalah penjual, baik di TikTok Shop dan juga Tokopedia, Anda harus membayarkan biaya komisi ke masing-masing platform.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, penjual membayar biaya admin sesuai aturan TikTok jika pembeli bertransaksi di platform ini. Begitu pun di Tokopedia.

Biaya Admin Penjual di Tokopedia

Tokopedia menyesuaikan biaya layanan yang akan dihitung berdasarkan kategori produk terjual per 6 Desember. Rinciannya sebagai berikut:

Kategori grup 1

  • Power merchant pro dan power merchant : 4,5% 
  • Regular merchant (setelah transaksi ke-100) : 3,8%

Kategori grup 2

  • Power merchant pro dan power merchant : 3,8% 
  • Regular merchant (setelah transaksi ke-100) : 3%

Kategori grup 3

  • Power merchant pro dan power merchant : 3,1% 
  • Regular merchant (setelah transaksi ke-100) : 2,6%

Kategori grup 4

  • Power merchant pro dan power merchant : 1,8% 
  • Regular merchant (setelah transaksi ke-100) : 1,6%

Kategori grup 5

  • Power merchant pro dan power merchant : 2% 
  • Regular merchant (setelah transaksi ke-100) : 1%

Penjelasan mengenai kategori grup sebagai berikut:

  1. Kategori grup 1: Buku, Dapur, Elektronik, Fashion Anak & Bayi, Fashion Muslim, Fashion Pria, Fashion Wanita, Handphone & Tablet, Ibu & Bayi, Kamera, Kecantikan, Mainan & Hobi, Makanan & Minuman, Office & Stationery, Olahraga, Otomotif, Perawatan Tubuh, Perlengkapan Pesta & Craft, Pertukangan, Produk Lainnya, Rumah Tangga, Tour & Travel, dan Wedding.
  2. Kategori grup 2: Dapur, Elektronik, Film & Musik, Gaming, Ibu & Bayi, Kamera, Kesehatan, Komputer & Laptop, Mainan & Hobi, Makanan & Minuman, Office & Stationery, Otomotif, Perawatan Hewan, Perlengkapan Pesta & Craft, dan Pertukangan.
  3. Kategori grup 3: Dapur, Elektronik, Fashion Anak & Bayi, Fashion Wanita, Gaming, Handphone & Tablet, Ibu & Bayi, Kamera, Kecantikan, Komputer & Laptop, Logam Mulia, Makanan & Minuman, Olahraga, Otomotif, Pertukangan, dan Properti.
  4. Kategori grup 4: Handphone & Tablet
  5. Kategori grup 5:  Otomotif

Biaya Admin Penjual di TikTok

TikTok Shop menaikkan biaya komisi kepada penjual per 1 Juni. "TikTok Shop akan melakukan penyesuaian penting pada struktur biaya komisi,” kata TikTok melalui notifikasi untuk penjual di platform, pada Mei (8/5).

Sebelumnya TikTok Shop mengenakan biaya 1% dari nilai produk dan flat fee atau biaya tetap Rp 2.000 untuk setiap transaksi. Biaya komisi ini dibebankan kepada pedagang.

Per 1 Juni, TikTok Shop akan mengenakan persentase biaya komisi yang berbeda untuk setiap kategori produk. 

Persentase biaya komisi untuk penjual di TikTok Shop per 1 Juni sebagai berikut:

  1. Handphone dan elektronik 1,9%
  2. Peralatan rumah tangga 1,9%
  3. Aksesori elektronik 4,3%
  4. Komputer dan peralatan kantor 2,7%
  5. Produk virtual seperti pulsa dan pembayaran tagihan 1%
  6. Buku, majalah, musik 4,3%
  7. Kecantikan 4,3%
  8. Personal care atau perawatan diri 4,3%
  9. Kesehatan 3,6%
  10. Makanan dan minuman 2,7%
  11. Liquor dan beverages 2,7%
  12. Kehamilan dan bayi 2,7%
  13. Fashion dan anak 4,3%
  14. Perlengkapan rumah 3,6%
  15. Peralatan dapur 3,6%
  16. Mebel 3,6%
  17. Tekstil dan soft furnishings 3,6%
  18. Perlengkapan hewan peliharaan 2,7%
  19. Koleksi 3,2%
  20. Mainan dan hobi 3,2%
  21. Home improvement 3,6%
  22. Otomotif dan sepeda motor 3,6%
  23. Peralatan dan perangkat keras 3,6%

Biaya Admin Penjual di Shopee

Shopee menaikkan biaya admin para penjual atau seller mulai hari ini (1/12). Kenaikan akan berlaku untuk penjual kategori Non-Star dan Star atau Star+.

“Per 1 Desember, terdapat penyesuaian pada pembagian kategori produk dan biaya administrasi penjual Star/Star+ dan Non-Star,” kata Shopee dalam laman resmi, Jumat (1/12).

Kenaikan biaya admin penjual di Shopee untuk level Star dan Star+ per 1 Desember sebagai berikut:

  • Kategori A : 4,7% menjadi 6,5%
  • Kategori B : 4% menjadi 5,5%
  • Kategori C : 4% menjadi 5,5%
  • Kategori D : 3,3% menjadi 4%
  • Kategori E : 3,3% menjadi 4%

Biaya admin untuk penjual Non-Star dengan pesanan lebih dari 50 sebagai berikut:

  • Kategori A : 4% menjadi 6%
  • Kategori B : 3,2% menjadi 5%
  • Kategori C : 3,2% menjadi 5%
  • Kategori D : 2,8% menjadi 3,5%
  • Kategori E : 2,8% menjadi 3,5%

Selain itu, per 1 Desember, Shopee hanya memiliki tiga kategori produk yang diberlakukan untuk perhitungan biaya administrasi, yakni:

  • A dan B digabung menjadi A
  • C menjadi B
  • D dan E digabung menjadi C

Untuk penjual kategori Shopee Mall, terdapat penyesuaian pada pembagian kategori produk dan biaya administrasi akan berlaku per 1 Januari 2024. Rinciannya sebagai berikut: 

  • Kategori A : 6,5% menjadi 8,5%
  • Kategori B : 4,5% menjadi 6%
  • Kategori C : 2,5% menjadi 4%

Penjelasan terkait kategori produk yakni:

  • Kategori A meliputi: Fashion, Elektronik (Kelistrikan), Kebutuhan Sehari-hari, Aksesoris Handphone, Olahraga & Outdoor, Otomotif dan lainnya
  • Kategori B meliputi: Elektronik (Peralatan Elektronik, Media Player, Konsol Game, Kamera, Peralatan Komputer), Otomotif dan lainnya
  • Kategori C meliputi: Aksesoris Fashion (Logam Mulia & Perhiasan), Elektronik (Alat-alat Rumah Tangga, Handphone & Gadget, Kamera, dan Komputer), dan lainnya

Shopee juga tak lagi menanggung pajak iklan penjual. Dengan begitu, rincian biaya admin dan pajak iklan yang dibayarkan oleh pedagang dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:

Biaya admin dan iklan penjual di Shopee per 1 Desember 2023
Biaya admin dan iklan penjual di Shopee per 1 Desember 2023 (Shopee)

Biaya yang tertera adalah biaya setelah diskon. Rinciannya sebagai berikut berikut:

  1. Biaya administrasi Non-Star (Kategori A): Diskon 20% dari biaya normal 7,50%
  2. Biaya administrasi Star & Star+ (Kategori A): Diskon 20% dari biaya normal 8,13%
  3. Biaya layanan Gratis Ongkir XTRA untuk Penjual Non-Star, Star & Star+, Mall: Diskon 20% dari biaya layanan dasar 5% menjadi 4%
  4. Biaya layanan Cashback XTRA untuk Penjual Non-Star, Star & Star+, Mall: Diskon 30% dari biaya normal dari 2% menjadi 1,4%

Biaya Admin Penjual di Lazada

Lazada menaikkan biaya admin penjual per hari ini (18/12). Shopee lebih dulu menaikkan biaya komisi bagi pedagang online per 1 Desember.

Kenaikan biaya admin penjual di Lazada berlaku untuk pedagang dengan kategori marketplace biasa. “Ada beberapa perubahan, efektif per 18 Desember,” kata Lazada dalam laman resmi, Senin (18/12). 

Lazada menyampaikan, biaya akan dikenakan sesuai dengan tanggal pesanan masuk, bukan tanggal pesanan terkirim. “Biaya komisi baru akan mulai dikenakan pada pesanan yang masuk pada 18 Desember pukul 00.00 dan seterusnya,” katanya.

Berikut rincian kenaikan biaya admin penjual Lazada:

  • Kategori A : 4% menjadi 6%
  • Kategori B : 3,18% menjadi 5%
  • Kategori C : 3,18% menjadi 5%
  • Kategori D : 1,68% menjadi 3,5%
  • Kategori E : 1,68% menjadi 3,5%

Pengertian kategori produk di Lazada sebagai berikut:

  • Kategori A: Audio, Koper & Tas Travel, Tas Pria, Tas Anak, Tas Wanita, Perawatan & Kecantikan, Perlengkapan Tidur, Aksesori Kamera & Drone, Aksesori Komputer, Aksesori Handphone, Perlengkapan Rumah & Furniture, Perlengkapan Makan & Dapur, Kesehatan, Pakaian & Sepatu Pria, Pakaian & Sepatu Wanita, Olahraga & Outdoor, Smart Devices, Makanan & Minuman, Buku & Alat Tulis, Ibu & Anak, Aksesori Fashion, Automotif
  • Kategori B: Audio, Aksesori Komputer, Gaming & Konsol, Smartwatchs Aksesori, Hobi & Permainan, Kesehatan, Perlengkapan Rumah, Ibu & Anak, Hewan Peliharaan, Alat Tulis & Kerajinan
  • Kategori C: Kamera & Drone, Komputer & Aksesori, Aksesori Lensa, Handphone & Aksesori, Elektronik & Aksesori, Automotif, Aksesori Fashion, Komputer & Aksesori, Makanan & Minuman, Kesehatan, Ibu & Anak, Alat Tulis & Aksesori

Lazada juga akan menghentikan program Super Seller dan Cashback Tiap Hari.

Sementara itu, biaya admin program Bonus Dadakan akan flat menjadi 2,22% untuk semua kategori produk.

Selain biaya-biaya di atas, terdapat biaya lain yang hanya akan dikenakan sesuai keikutsertaan penjual pada program tertentu. Rinciannya dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:

Biaya admin penjual di Lazada naik per 18 Desember 2023
Biaya admin penjual di Lazada naik per 18 Desember 2023 (Lazada)

Kenaikan biaya admin penjual LazMall naik per 1 Januari 2024. “Untuk Penjual LazMall, biaya komisi baru akan mulai dikenakan pada pesanan yang masuk pada tanggal 1 Januari 2024 pukul 00.00 dan seterusnya,” kata Lazada.

Biaya admin penjual di Lazada Mall naik per 18 Desember 2023
Biaya admin penjual di Lazada Mall naik per 18 Desember 2023 (Lazada)

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...