56% UMKM Jualan Lewat Instagram, Facebook, TikTok

Lenny Septiani
30 Januari 2024, 07:10
jualan online, tiktok, facebook, shopee,
Halosis
Tim Halosis
Button AI Summarize

Sebanyak 56,3% UMKM berjualan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok dalam setahun terakhir, menurut riset INDEF. Jumlahnya lebih banyak ketimbang yang berdagang di e-commerce 47,64%.

Riset itu tertuang dalam laporan berjudul ‘Peran Platform Digital terhadap Pengembangan UMKM di Indonesia’. Riset ini berdasarkan analisis data Badan Pusat Statistik atau BPS dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia alias APJII, serta informasi narasumber/pelaku/stakeholders.

Pengambilan data menggunakan survei online terhadap 254 pelaku UMKM yang tersebar di Pulau Jawa dan beberapa wilayah di luar Pulau Jawa pada Desember 2023.

Berikut daftar platform yang digunakan oleh UMKM dalam berjualan setahun terakhir:

  1. Media sosial 56,30%
  2. E-commerce 47,64%
  3. Online Food Delivery 14,96%
  4. Situs atau web milik sendiri 5,12%
  5. Aplikasi WhatsApp 1,57% 
  6. Lainnya 1,18%

“Selain menggunakan aplikasi media sosial untuk kebutuhan personal, para responden mengembangkan usaha seperti penggunaan Facebook Marketplace dan Instagram Shop,” demikian dikutip dari studi tersebut, Senin (29/1).

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...