Penjualan UMKM Naik 9 Kali Setelah Tokopedia dan TikTok Bergabung

Lenny Septiani
6 Februari 2024, 06:00
Tokopedia, TikTok, umkm,
Katadata/Desy Setyowati
Tokopedia dan TikTok
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Penjualan UMKM yang ikut dalam kampanye Tokopedia dan TikTok ‘Beli Lokal’ saat 12.12 melonjak sembilan kali lipat dibandingkan November 2023.

Kali ini, Tokopedia x TikTok meluncurkan kampanye ‘Melokal dengan Batik’. “Batik UMKM bisa ditemukan di halaman khusus di Shop | Tokopedia,” kata Presiden Tokopedia Melissa Siska Juminto dalam acara Konferensi Pers: TikTok dan Tokopedia Luncurkan Kampanye #MelokalDenganBatik di Yogyakarta, Senin (5/2).

Sebelumnya, Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan menyampaikan, Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia, khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12.

Rata-rata kenaikan hampir 19 kali lipat dibandingkan transaksi harian pada November 2023. “Sejumlah brand lokal fashion di Tokopedia rata-rata mencatatkan kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat,” kata Aditia dalam keterangan pers, bulan lalu (19/12).

Sementara itu, produk laris di TikTok yakni:
• Kecantikan dan perawatan diri
• Pakaian wanita
• Fashion muslim
• Pakaian pria
• Makanan dan minuman

Kategori produk yang paling laris pada kampanye Beli Lokal, khususnya di Tokopedia saat Harbolnas 12.12 lalu, antara lain:
• Kecantikan
• Perawatan tubuh
• Fashion
• Makanan dan minuman
• Rumah tangga

Sementara itu, produk laris di TikTok yakni:
• Kecantikan dan perawatan diri
• Pakaian wanita
• Fashion muslim
• Pakaian pria
• Makanan dan minuman

Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...