Penjualan UMKM Naik 9 Kali Setelah Tokopedia dan TikTok Bergabung
![Tokopedia, TikTok, umkm,](https://cdn1.katadata.co.id/media/images/thumb/2023/12/06/Tokopedia_dan_TikTok-2023_12_06-11_08_15_da813325e3cb303eb5d53250bf53f0da_960x640_thumb.jpg)
Penjualan UMKM yang ikut dalam kampanye Tokopedia dan TikTok ‘Beli Lokal’ saat 12.12 melonjak sembilan kali lipat dibandingkan November 2023.
Kali ini, Tokopedia x TikTok meluncurkan kampanye ‘Melokal dengan Batik’. “Batik UMKM bisa ditemukan di halaman khusus di Shop | Tokopedia,” kata Presiden Tokopedia Melissa Siska Juminto dalam acara Konferensi Pers: TikTok dan Tokopedia Luncurkan Kampanye #MelokalDenganBatik di Yogyakarta, Senin (5/2).
Sebelumnya, Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan menyampaikan, Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia, khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12.
Rata-rata kenaikan hampir 19 kali lipat dibandingkan transaksi harian pada November 2023. “Sejumlah brand lokal fashion di Tokopedia rata-rata mencatatkan kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat,” kata Aditia dalam keterangan pers, bulan lalu (19/12).
Sementara itu, produk laris di TikTok yakni:
• Kecantikan dan perawatan diri
• Pakaian wanita
• Fashion muslim
• Pakaian pria
• Makanan dan minuman
Kategori produk yang paling laris pada kampanye Beli Lokal, khususnya di Tokopedia saat Harbolnas 12.12 lalu, antara lain:
• Kecantikan
• Perawatan tubuh
• Fashion
• Makanan dan minuman
• Rumah tangga
Sementara itu, produk laris di TikTok yakni:
• Kecantikan dan perawatan diri
• Pakaian wanita
• Fashion muslim
• Pakaian pria
• Makanan dan minuman