Shopee Express Diduga Monopoli, TikTok dan Lazada Punya Jasa Logistik?

Desy Setyowati
7 Februari 2024, 06:10
Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada, kppu,
Katadata/Desy Setyowati
Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada
Button AI Summarize

KPPU atau Komisi Pengawas Persaingan Usaha menduga Shopee memonopoli jasa pengiriman barang di platform dengan mengutamakan Shopee Express. Apakah TikTok x Tokopedia dan Lazada punya layanan logistik sendiri?

KPPU menyebut omzet Shopee diduga naik lima kali lipat dalam dua tahun berkat praktik monopoli ini.

"Dugaan ini sedang diinvestigasi. Namun kami menggunakan asas praduga tidak bersalah. Kalau ada dua alat bukti, dugaan ini selesai karena dampaknya akan luar biasa," kata Ketua KPPU M Fanshurullah Asa di kantornya, Jakarta, Selasa (6/2).

Katadata.co.id mengonfirmasi hal tersebut kepada Shopee. Namun belum ada tanggapan.

Anggota KPPU Gopprera Panggabean menyampaikan, dugaan Shopee monopoli melalui layanan Shopee Express tersebut masih dalam tahap pemberkasan. Komisi  sedang memeriksa apakah dugaan investigator ini  cukup untuk ditingkatkan statusnya ke penyidikan.

Gopprera menyampaikan salah satu hasil penyelidikan terhadap Shopee yakni pembatasan jasa pengiriman saat melakukan transaksi di e-commerce bernuansa oranye ini. Menurut dia, Shopee tidak membebaskan konsumen memilih jasa layanan pengiriman sejak 2021.

Langkah tersebut membuat konsumen tidak bisa memilih layanan ekspedisi dari perusahaan lain dengan harga yang diinginkan. Sebab, setiap pembelian di Shopee akan otomatis diantarkan oleh Shopee Express.

Gopprera berargumen langkah yang dilakukan oleh Shopee bukan praktik bundling atau memasukkan layanan dengan syarat pembelian produk lain. KPPU menduga penghilangan pilihan jasa ekspedisi ini sebagai perilaku yang menghambat persaingan.

"Kami melihat penyedia layanan ekspedisi yang ditawarkan berafiliasi atau setidaknya terkait dengan Shopee. Ada dugaan algoritme yang mengarahkan konsumen ke penyedia jasa ekspedisi di platform tersebut," katanya.

Berdasarkan riset Populix pada Juni 2023, layanan pengiriman Shopee Express masuk dalam tiga teratas yang paling banyak digunakan oleh konsumen. Berikut rinciannya:

Beberapa media melaporkan, KPPU menyelidiki Shopee terkait dugaan monopoli lewat Shopee Express sejak awal tahun lalu.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief, Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...