Harga Produk di Shopee, TikTok x Tokopedia, Lazada Akan Diatur

Desy Setyowati
20 Februari 2024, 11:08
Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada, e-commerce,
Katadata/Desy Setyowati
Shopee, TikTok, Tokopedia, Lazada
Button AI Summarize

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah atau Menkop UKM Teten Masduki mengusulkan agar harga produk di e-commerce seperti Shopee, TikTok x Tokopedia, Blibli, Bukalapak hingga Lazada diatur.

Teten mengusulkan predatory pricing diatur di revisi Peraturan Menteri Perdagangan alias Permendag Nomor 31 Tahun 2023. Aturan ini mengatur tentang perizinan berusaha, periklanan, pembinaan, dan pengawasan pelaku usaha dalam perdagangan melalui sistem elektronik alias e-commerce.

Predatory pricing merupakan strategi perusahaan menetapkan harga sangat rendah atau di bawah rerata pasar, dalam jangka waktu tertentu, menurut Organization for Economic Co-Operation and Development atau OECD.

Permendag Nomor 31 Tahun 2023 terbit pada September 2023. Namun Menteri Teten menilai regulasi ini perlu memasukkan aturan tentang predatory pricing di e-commerce seperti Shopee, TikTok x Tokopedia, Blibli, Bukalapak hingga Lazada.

Revisi memang baru bisa dilakukan jika regulasi tersebut sudah berjalan minimal tiga bulan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...