Transaksi Shopee hingga TikTok Shop Tokopedia di RI Rp 867 Triliun

Desy Setyowati
15 Juli 2024, 15:45
Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, TikTok
Momentum Works
Logo Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, TikTok
Button AI Summarize

Transaksi bruto atau gross merchandise value (GMV) e-commerce seperti Shopee, TikTok Shop Tokopedia hingga Bukalapak US$ 53,8 miliar atau Rp 867,2 triliun (kurs Rp 16.156 per US$) tahun lalu di Indonesia. Shopee dan Tokopedia masih memimpin.

Rincian transaksi e-commerce di Indonesia sebagai berikut:

  1. Shopee 40% atau US$ 21,52 miliar (Rp 348 triliun)
  2. Tokopedia 30% atau US$ 16,14 miliar (Rp 258,2 triliun)
  3. Bukalapak 11% atau US$ 5,9 miliar (Rp 94,4 triliun)
  4. TikTok Shop 9% atau US$ 4,8 miliar (Rp 76,8 triliun)
  5. Lazada 7% atau US$ 3,8 miliar (Rp 61,46 triliun)
  6. Blibli 4% atau US$ 2,2 miliar (Rp 35,2 triliun)

TikTok berinvestasi di Tokopedia pada Desember 2023. Oleh karena itu, data di atas masih memisahkan transaksi TikTok Shop dan Tokopedia di Indonesia.

“TikTok Shop meningkatkan GMV tahunannya hampir empat kali lipat menjadi US$16,3 miliar. Setelah mengambil alih Tokopedia, TikTok Shop menjadi platform ecommerce terbesar ke-2 di Asia Tenggara,” demikian isi keterangan pers Momentum Works, Senin (15/7).

Transaksi e-commerce di Asia Tenggara secara keseluruhan US$ 114,6 miliar atau Rp 1.853 triliun. Rinciannya sebagai berikut:

  1. Shopee: US$ 55,1 miliar
  2. Lazada: US$ 18,8 miliar
  3. TikTok Shop: US$ 16,3 miliar
  4. Tokopedia: US$ 16,3 miliar
  5. Bukalapak: US$ 5,7 miliar
  6. Blibli: US$ 1,9 miliar
  7. Amazon: US$ 400 juta
  8. Tiki: US$ 200 juta
  9. Temu: US$ 100 juta

Sementara itu, rincian transaksi e-commerce per negara sebagai berikut:

  • Thailand US$ 19,3 miliar
  • Vietnam US$ 13,8 miliar
  • Filipina US$ 13,7 miliar
  • Malaysia US$ 9,6 miliar
  • Singapura US$ 4,4 miliar
  • Indonesia US$ 53,8 miliar

“Nilai transaksi e-commerce di Asia Tenggara meningkat 15% secara tahunan alias year on year (yoy) menjadi US$ 114,6 miliar tahun lalu. Vietnam dan Thailand menjadi negara dengan pertumbuhan tercepat, yakni 52,9% dan 34,1% yoy,” demikian dikutip.

Indonesia tetap menjadi pasar e-commerce terbesar dengan kontribusi sebesar 46,9% terhadap GMV di kawasan. Tingkat pertumbuhannya 3,7% merupakan yang paling moderat di Asia Tenggara.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...