Riset: Shopee Unggul di Kecepatan Pengiriman, Fitur Live, COD

Amelia Yesidora
31 Oktober 2024, 13:58
shopee, tiktok shop tokopedia,
shopee.co.th
shopee
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Shopee unggul dalam beberapa faktor, termasuk fitur video pendek produk, live streaming alias siaran langsung, kecepatan pengiriman dan opsi pembayaran seperti bayar di tempat atau cash on delivery (COD), menurut riset Ipsos.

Hal itu tertuang dalam Ipsos berjudul ‘Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce’. Studi ini berdasarkan survei terhadap 506 orang di Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, Bekasi (25%), Jawa selain Jabodetabek (50%), luar Pulau Jawa (25%) selama 12 – 23 Mei. Populasi laki-laki dan perempuan sama rata, dengan usia 17 – 45 tahun.

Riset tersebut mengulik beberapa faktor yang membuat suatu platform e-commerce menjadi pilihan konsumen. Rinciannya sebagai berikut:

Paling direkomendasikan oleh kerabat:

  1. Shopee 62%
  2. Tokopedia 46%
  3. TikTok Shop 42%
  4. Lazada 36%

Platform dengan opsi jasa kirim paling lengkap:

  1. Shopee 66%
  2. Tokopedia 16%
  3. Lazada 10%
  4. TikTok Shop 7%

Kecepatan pengiriman:

  1. Shopee 60%
  2. Tokopedia 16%
  3. Lazada 13%
  4. TikTok Shop 9%

Opsi pembayaran:

  1. Shopee 64%
  2. Tokopedia 15%
  3. Lazada 11%
  4. TikTok Shop 8%

“Metode pembayaran COD semakin marak digunakan dan paling menarik perhatian para responden. Shopee unggul dalam hal ini,” kata Ipsos dalam rilis, dikutip Kamis (31/10).

Video pendek produk paling memuaskan:

  1. Shopee 61%
  2. TikTok Shop 18%
  3. Tokopedia 10%
  4. Lazada 9%

Platform live streaming memuaskan:

  1. Shopee 63%
  2. TikTok Shop 17%
  3. Tokopedia 10%
  4. Lazada 9%

Fitur live streaming paling diingat oleh konsumen:

  1. Shopee 61%
  2. TikTok 30%
  3. Lazada LazLive 4%
  4. Tokopedia Play 2%

Penggunaan fitur live streaming oleh pedagang:

  1. Shopee 69%
  2. TikTok Live 25%
  3. Tokopedia Play 4%
  4. LazLive 2%

Pangsa pasar fitur live streaming:

  1. Shopee Live 54%
  2. TikTok Live 31%
  3. Tokopedia Play 10%
  4. LazLive 6%

“Terlihat bahwa  e-commerce bersaing melalui teknologi dan inovasi program untuk menarik hati masyarakat. Namun, yang akan dicari oleh masyarakat hanya yang bisa menciptakan perasaan puas pada pengalaman berbelanja online,” kata Direktur Eksekutif Ipsos Indonesia Andi Sukma.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...