Diskon 12.12 Shopee hingga TikTok Tokopedia 90%, Transaksi Ditarget Rp35 triliun
Seluruh anggota Asosiasi E-Commerce Indonesia atau idEA berpartisipasi dalam Hari Belanja Online Nasional alias Harbolnas, khususnya pesta diskon 12.12. Transaksi selama periode diskon 10 – 16 Desember ditargetkan Rp 35 triliun.
Harbolnas pada 12.12 tahun lalu, transaksi mencapai Rp 31 triliun. “Kami berharap ada peningkatan pertumbuhan transaksi UMKM pada kuartal terakhir 2025,” kata Ketua Umum idEA Hilmi Adrianto dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi), di Jakarta Pusat, Selasa (9/12).
harbolnas kali ini juga didukung berbagai insentif pemerintah, termasuk program belanja produk Indonesia, serta diskon akhir tahun di sektor transportasi, penerbangan, dan layanan lain.
Hilmi mengungkapkan Harbolnas diikuti oleh seluruh platform anggota iDEA, seperti Shopee, TikTok Shop, Tokopedia, Lazada, dan lainnya. Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, diskon mencapai 90%. Rinciannya sebagai berikut:
Shopee
- Diskon hingga Rp 120 ribu
- Voucer Ulang Tahun hingga 100%
- Potongan Langsung hingga Rp 1 juta
- Traktiran Mobil Rp 12
- 12.000 produk lainnya Rp 12
- Gratis Ongkir Rp 0
- Koleksi Semua Produk Rp 1 khusus pengguna Shopee
- Penawaran kilat dengan stok terbatas
Tokopedia (1 – 12 Desember)
- Voucer hingga Rp 1,2 juta
- Gratis Ongkir Rp 0
- Clearance Sale akhir tahun hingga 90%
- Promo eksklusif Super Brand Day
- Total voucer hingga Rp 12 juta
- Voucer Kaget setiap 2 jam sekali
- Flash Sale Rp 12 ribu untuk lebih dari 120 ribu produk
- Program Shopping Cart Clearance hingga Rp 120 juta
Lazada (hingga 16 Desember)
- Voucer bonus hingga Rp 1,2 juta
- Diskon hingga 90%
- Gratis Ongkir
- Bundling LazMall spesial
- Tiket XXI dengan diskon hingga 50%
- 1.200 produk serba Rp 12 ribu, termasuk iPhone 14, Motor Yamaha Gear 125, Mesin cuci, hingga Smartwatch
“Promo-promo ini kami harapkan bisa memicu semangat pelaku usaha lokal untuk memperluas jangkauan. Harapannya, produk lokal bisa menjadi pilihan utama masyarakat,” ujar Hilmi.
Dampak Bencana dan Daya Beli ke Harbolnas
Hilmi menyadari bencana di Sumatra dan banjir di beberapa wilayah lainnya dapat memengaruhi daya beli masyarakat. Namun menurut dia, Harbolnas justru bisa membantu UMKM.
UMKM di daerah aman dari bencana berpeluang meningkatkan transaksi lewat program promosi 12.12.
Untuk pengiriman ke daerah terkena dampak banjir dan longsor, idEA terus berkoordinasi dengan perusahaan logistik. Meski belum ada skema khusus, evaluasi kondisi lapangan dilakukan setiap saat untuk memastikan pesanan dapat dikirim semaksimal mungkin.
