Bibit.id Persembahkan Penghargaan Emas kepada Jutaan Investor
Bibit.id kembali mendapatkan penghargaan dari MarkPlus Inc. Prestasi ini ditujukan sebagai bentuk apresiasi atas kepercayaan jutaan investornya di Indonesia.
Layanan Bibit.id paling banyak digunakan investor ritel, yakni generasi muda berusia 18 – 35 tahun. Mereka berasal dari kalangan pelajar, fresh graduate, pengusaha, ibu rumah tangga, pekerja kantor, dan orang tua muda.
Head of Digital Marketing Bibit.id Angie Anandita Tjahtra mengatakan, para investor ritel tersebut tergolong digital native yang mendambakan fleksibilitas dalam beraktivitas, termasuk dalam berinvestasi.
“Dengan berkomunikasi secara digital, kami bisa mengajak jutaan investor di Indonesia untuk berinvestasi reksa dana, saham, Surat Berharga Negara, dan Obligasi Negara Fixed Rate secara efektif,” tuturnya dalam siaran pers, Rabu (17/5).
Bibit.id juga berusaha untuk semakin peka mendengarkan kebutuhan pengguna. Dengan begitu, perusahaan aplikasi layanan investasi ini bisa menghadirkan program, fitur, dan produk yang relevan dan solutif terhadap kebutuhan penggunanya.
Selain menyasar investor ritel, Angie menyampaikan bahwa Bibit.id juga membidik segmen korporasi melalui fitur Bibit Bisnis. Fitur ini diperkenalkan untuk membantu perusahaan mengoptimalkan dana lebih mereka ke produk reksa dana yang berkualitas dari berbagai pilihan manajer investasi terbaik di Indonesia.
Pasalnya, dengan berinvestasi di reksa dana maka perusahaan bisa mendapatkan return hingga 3 persen sampai 7 persen atas idle cash mereka. Apabila ada kebutuhan dana mendadak untuk aktivitas usaha, investasi di Bibit.id bisa ditarik kapan saja tanpa penalti.
Berkat sepak terjang sejauh ini, perusahaan diganjar penghargaan silver champion kategori aplikasi investasi di dalam Indonesia WOW Brand 2022. Berlanjut ke tahun ini, perusahaan menyabet gold champion untuk kategori yang sama.
Indonesia WOW Brand 2023 merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan MarkPlus, Inc. Award yang diperoleh Bibit.id diberikan dalam acara WOW Brand Festive Day 2023: Branding for the Game Changers pada 11 Mei 2023.
“Penghargaan ini kami persembahkan kepada seluruh tim di Bibit dan jutaan investor kami di lebih dari 500 kota di Indonesia,” ucap Angie.
Terkait penghargaan gold champion yang Bibit.id terima, MarkPlus, Inc. melakukan survei terhadap sekitar 1.000 responden di beberapa kota besar di Indonesia. Survei yang dilakukan tersebut mengacu kepada konsep WOW Marketing yang mengukur lima aspek utama dalam sebuah merek, yaitu 5A (aware, appeal, asking, act, advocate).
Guna mengukur aspek 5A pada sebuah merek, MarkPlus, Inc. menggunakan metode brand advocacy ratio (BAR). Cara ini bisa mengukur seberapa mampu perusahaan mengubah brand awareness atas produk maupun layanannya menjadi brand advocacy. Semakin tinggi nilai BAR maka reputasi yang dimiliki sebuah merek menjadi semakin baik.
"BAR digunakan di luar negeri seperti Vietnam, Malaysia, dan Jepang," tutur Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya.