Asosiasi: Tren PHK Startup Fintech Hampir Selesai

Lenny Septiani
27 Juli 2023, 16:08
startup, fintech, phk
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/AWW.
Warga mengamati aplikasi-aplikasi startup yang dapat diunduh melalui telepon pintar di Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Startup teknologi finansial atau fintech termasuk yang masif melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK di tengah ketidakpastian ekonomi global dan seretnya pendanaan. Asosiasi fintech atau Aftech menilai, periode efisiensi karyawan di sektor ini hampir selesai.

Wakil Sekretaris Jenderal II Aftech Firlie Ganinduto mengatakan, startup fintech dulu mengutamakan value creation untuk menaikkan nilai perusahaan. Kini, di tengah seretnya pendanaan atau tech winter, mereka berfokus membuat model bisnis lebih menguntungkan.

Oleh karena itu, banyak startup fintech melakukan PHK tahun lalu. Menurut Firlie, tren PHK di industri fintech hampir selesai.

“Sedikit yang akan melakukan PHK, karena tech winter sudah hampir selesai,” kata Firlie kepada media usai acara peluncuran Laporan Aftech Annual Members Surveys 2022/2023 di JIExpo Jakarta, Kamis (27/7). “Justru kedepan kami harapkan kenaikan perekrutan pekerja.”

“Ketika menemukan bisnis model yang pas (untuk mencapai untung), startup fintech akan melakukan perekrutan,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pengawas Aftech Rudiantara mengatakan bahwa PHK di startup termasuk normal jika dibandingkan dengan bisnis konvensional.

“Namanya startup, perusahaan rintisan,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...