Apple Akan Jual iPhone Lebih Murah, Tak Rilis Lagi Versi Mini

Fahmi Ahmad Burhan
25 Juni 2021, 10:26
apple, iphone, iphone murah, iphone miniapple, iphone, iphone murah, iphone mini
Instagran/@theapplehub
Ilustrasi. Produksi iPhone pada 2021 diperkirakan tumbuh 12,3% dibanding tahun lalu menjadi 223 juta unit.

Produsen ponsel pintar Apple diperkirakan menjual ponsel dengan harga yang lebih murah pada tahun depan. Apple juga kemungkinan tidak akan menjual iPhone versi mini. 

Analis Apple Ming-Chi Kuo memperkirakan bahwa raksasa teknologi besutan Steve Jobs ini akan meluncurkan dua model iPhone kelas bawah tahun depan dengan harga yang relatif murah. Dua model itu akan diluncurkan Apple bersamaan dengan ponsel kelas atas, iPhone 14s versi ukuran 6,1 inci dan 6,7 inci. 

Advertisement

Kuo memperkirakan bahwa versi 6,7 inci iPhone 14s dijual dengan harga lebih terjangkau dibandingkan ponsel kelas atas yang diluncurkan tahun ini. "Harganya kurang dari US$ 900 (Rp 12,9 juta)," kata Kuo dikutip dari Engadget pada Kamis (24/6).

Adapun satu-satunya ponsel Apple yang mempunyai ukuran 6,7 inci tahun ini adalah iPhone 12 Pro Max dengan harga paling murah US$ 1.099 (Rp 15,8 juta).

Kuo juga meramal Apple juga tidak akan menjual lagi ponsel versi mini dengan ukuran 5,4 inci tahun depan. Menurut laporan Nikkei Asian Review, sejak Maret tahun ini Apple mengurangi produksi iPhone 12 mini mereka. Tahun ini saja perusahaan dilaporkan akan memproduksi setidaknya 70% lebih sedikit ponsel mini dari yang direncanakan. 

Menurut Kuo, langkah Apple itu mengisyaratkan bahwa perangkat yang lebih kecil belum terjual dengan baik. Banyak pelanggan yang membeli ponsel dengan layar lebih besar dengan ukuran 6 inci ke atas.

Menurut dia, Apple harus menyiapkan strategi pada ponsel ukuran besar. Jika tidak, akan banyak konsumen yang memilih beralih ke Samsung daripada Apple.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement