Bos Apple Tambah Investasi saat Kunjungi Vietnam, Bagaimana Indonesia?

Lenny Septiani
16 April 2024, 11:32
apple, iphone, vietnam,
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo/AWW/sa.
Siluet pengguna ponsel terlihat di ping proyeksi layar logo Apple dalam ilustrasi gambar yang diambil pada Rabu (28/3/2018).
Button AI Summarize

CEO Apple Tim Cook akan datang ke Indonesia besok (17/4). Ia lebih dulu datang ke Vietnam pada Minggu (15/4) dan menambah investasi di negara ini.

“Dia (Tim Cook) datang besok, 17 April,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika atau Kominfo Budi Arie Setiadi kepada media usai Halal Bihalal Menteri Kominfo dan Wakil Menteri Kominfo bersama civitas Kemkominfo, Selasa (16/4).

Budi menyampaikan, Apple akan berinvestasi di Indonesia. Namun dia belum mau memerinci investasi yang bakal dilakukan oleh produsen iPhone di Tanah Air.

“Tunggu besok, ada kejutan,” ujar dia.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria menyatakan, Apple dan Microsoft bakal berinvestasi di Indonesia dalam hal sumber daya manusia atau talenta digital dan infrastruktur.

Di Vietnam, Apple mengumumkan akan meningkatkan investasi rantai pasok gadget. Produsen iPhone ini telah menginvestasikan 400 triliun dong atau US$ 15,8 miliar di Vietnam melalui mitra rantai pasok lokal sejak 2019.

Apple bekerja sama dengan organisasi-organisasi lokal untuk memasok air bersih dan energi bersih di sekolah-sekolah di perdesaan Vietnam.

"Dari bermitra dengan pemasok lokal hingga mendukung proyek air bersih dan kesempatan pendidikan, kami berkomitmen untuk terus memperkuat hubungan di Vietnam," kata Tim Cook dalam pernyataan pers dikutip dari TechInAsia, Senin (15/4).

Selain itu, Apple membuka toko online di Vietnam pada Mei 2023 yang menandakan semakin pentingnya pasar di negara ini. 

Apple juga meluncurkan Apple Pay pada Agustus, yang memungkinkan pengguna di Vietnam membayar barang dan jasa dengan perangkat Apple.

Apple hadir di Vietnam selama lebih dari satu dekade. Produsen iPhone ini menciptakan lebih dari 200 ribu lapangan kerja di negara tersebut.

Sementara di Indonesia, Apple belum membangun pabrik iPhone, sehingga masih diimpor. Padahal pemerintah sudah mewajibkan perakitan gadget di dalam negeri untuk memenuhi aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri alias TKDN.

Di Indonesia, Apple membuat Apple Developer Academy di BSD, Tangerang, Batam, dan Surabaya.

Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...