Berharap Demo Batal, Go-Jek dan Grab Klaim Kenaikan Tarif Ojek Online

Desy Setyowati
13 Agustus 2018, 18:40
Demo GrabBike
ANTARA FOTO/Reno EsniR
Massa driver GrabBike berunjuk rasa di Kantor Grab Indonesia di Jalan Denpasar, Kuningan, Jakarta, Desember 2016.

Go-Jek dan Grab sama-sama mengklaim telah menaikkan tarif ojek online. Keduanya berharap kenaikan tarif itu dapat membatalkan ancaman unjuk rasa pengemudi ojek online yang rencananya akan digelar saat pembukaan Asian Games 2018, pada 18 Agustus mendatang.  

Go-Jek mengklaim tarifnya sudah sesuai dengan keinginan para mitra pengemudi roda dua yakni Rp 2.200-Rp 3.300 per kilometer khusus di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). "Tarif kami yang tertinggi di industri, tapi tetap kompetitif," ujar Chief Public Policy and Government Relations Go-Jek Indonesia Shinto Nugroho di Jakarta, Senin (13/8).

Ia menyampaikan, Go-Jek memiliki dua skema tarif yang berbeda untuk mitra pengemudi dan konsumen. Itu artinya, Go-Jek masih memberikan subsidi kepada mitra pengemudinya. "Kalau pelanggan lihat ada tambahan biaya, misalnya saat tengah malam, itu langsung diberikan kepada driver," kata dia.

(Baca juga: Mediasi Gagal, Pengemudi Ojek Online Tetap Unjuk Rasa Saat Asian Games)

Chief of Corporate Affairs Go-Jek Nila Marita menambahkan, perusahaannya perlu memperhatikan kondisi pasar sebelum menaikan tarif. Hal ini guna menjaga pendapatan para mitra yang berkesinambungan. "Kami pastikan daya saing mereka, supaya Go-Jek tetap jadi pilihan utama konsumen.”

Untuk itu, ia berharap mitra pengemudi membatalkan niatnya untuk unjuk rasa saat pembukaan Asian Games 2018, pada 18 Agustus nanti. "Ini kan perhelatan internasional, kami selalu upayakan pendapatan maksimal dan kesejahteran bagi driver," kata dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...