Bekraf Berangkatkan 6 Start-Up ke Festival Teknologi di AS

Desy Setyowati
13 Februari 2018, 18:55
Tech in Asia
Arief Kamaludin|KATADATA
Selain mengikuti aneka diskusi menarik perihal perkembangan startup, peserta dan pengunjung juga dapat mengikuti beragam sesi menarik.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memberangkatkan enam perusahaan rintisan ke festival seni kreatif dan teknologi terbesar di dunia, South by Southwest (SXSW) 2018 di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS). Melalui pavilion Archipelageek, keenam start-up diharapkan bisa mempromosikan produk-produknya, dan mendapat investor.

Keenam start-up tersebut adalah Kata.ai, Seruniaudio, Saft7robotics, Squline, dan Mycotech. Sedangkan satu sisanya yakni Vestifarm, diboyong oleh Telkomsel melalui program Telkomsel NextDev.

"Kami harap, start-up dan musisi yang ikut bisa memaksimalkan SXSW sebagai ajang mencari kemitraan untuk melebarkan sayap ke pasar internasional," ujar Wakil Kepala Bekraf Ricky Pesik saat konferensi pers terkait SXSW di Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (13/2).

Selain itu, Bekraf juga memberangkatkan tiga musisi yakni Rich Brian, Efek Rumah Kaca (ERK), dan Kimokal ke festival yang berlangsung 9-18 Maret 2018 tersebut.

(Baca juga: Indonesia Promosikan Potensi Ekonomi Digital di Davos)

Berdasarkan tinjauan Bekraf, festival SXSW cukup potensial untuk menjaring rekanan start-up baik itu investor hingga kolaborasi produk. Avani, salah satu start-up yang ikut SXSW 2017 misalnya, saat ini sudah mendapat banyak rekanan bisnis asing. Begitu pula band Lightcraft yang ikut tahun lalu pun saat ini sudah 'manggung' di beberapa negara, termasuk Rusia.

Atas pencapaian itu, Bekraf pun memberanikan diri untuk ikut kembali di SXSW 2018. "Bagi kami, ini adalah market hub yang penting sekali untuk mempromosikan konten, karya, ataupun pelaku (bisnis) Indonesia mempromosikan diri ke delegasi negara lain," ujar Ricky.

Yang menarik pula, salah satu start-up yang ikut yakni Saft7robotics bakal mempromosikan lisensi atas virtual reality motion simulator platform. "Jadi bukan hanya fisik, Indonesia juga menjual kekayaan intelektual," kata Direktur Pengembangan Pasar Luar Negeri Bekraf Bonifasius W Pudjianto.

Adapun alasan tema 'Archipelageek' dipilih karena ingin menampilkan Indonesia yang merupakan kepulauan. Harapannya, keikutsertaan Indonesia ini menunjukan bahwa Indonesia siap bersaing di bidang digital dan industri kreatif.

(Baca: Praktisi Dunia Ramal Model Bisnis Serupa Gojek Makin Berkembang)

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...