Himpun Transaksi Rp 210 T, BukuWarung Disuntik Investor Silicon Valley

Desy Setyowati
3 Februari 2021, 10:59
Transaksi Rp 210 T, BukuWarung Disuntik Pemodal Ventura Silicon Valley
BukuWarung
Salah satu mitra pedagang BukuWarung

Startup teknologi finansial (fintech) yang berfokus pada digitalisasi warung, BukuWarung meraih pendanaan dari modal ventura yang berbasis di Silicon Valley, Rocketship.vc. Perusahaan mencatatkan transaksi lebih dari US$ 15 miliar atau Rp 210,3 triliun di platform.

Co-Founder sekaligus Presiden BukuWarung Chinmay Chauhan tidak memerinci besaran dana yang diperoleh dari Rocketship.vc. Ia hanya menyampaikan bahwa nilainya lebih besar dibandingkan yang didapat dari Y-Combinator.

Ia menyampaikan, dana segar digunakan untuk memperbesar tim teknologi agar bisa meluncurkan lebih banyak produk dan fitur. Pada tahun ini, BukuWarung ingin menyediakan produk monetisasi seperti kredit dan memperluas fitur solusi pembayaran.

“Berbeda dengan pemain lain, kami kini meraih pendapatan melalui solusi pembayaran. Namun, kami juga menempatkan pembayaran sebagai cara untuk masuk ke peluang monetisasi lewat layanan finansial lain,” kata Chinmay dalam siaran pers, Rabu (3/2).

Ia mengatakan, teknologinya memungkinkan pedagang menyimpan segala jenis transaksi termasuk utang, pengeluaran, dan penjualan. Dia mengklaim, penjual menerima pembayaran utang tiga kali lebih cepat.

Pedagang juga bisa mengelola stok, membuat faktur, mengirim pengingat pembayaran, menagih pembayaran menggunakan faktur, dan membayar pemasok. Selain itu, dapat memantau arus kas melalui laporan bisnis.

Perusahaan juga meluncurkan Tokoko, yang memungkinkan pedagang membuka toko online. UMKM bisa mencantumkan daftar produk, mengelola pesanan, menerima pembayaran, pengantaran barang, dan berbicara dengan pelanggan.

Platform itu digunakan oleh 500 ribu pedagang. Secara keseluruhan, BukuWarung menggaet lebih dari 3,5 juta pedagang di 750 kota dan kota kecil di Indonesia. Sebagian besar berada di tingkat (tier) dua dan tiga.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...