Aplikasi Gojek Error, Warganet Keluhkan Saldo Terpotong

Lenny Septiani
13 Januari 2023, 20:17
Aplikasi Gojek Error, Warganet Keluhkan Saldo Terpotong
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.
Pengendara Gojek mengangkut penumpang di Stasiun Sudirman, Jakarta, Jumat (18/11/2022). PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) memutuskan untuk melakukan pengurangan karyawan sebanyak 1.300 orang atau sekitar 12 persen dari total karyawan tetap Grup GoTo sebagai dampak menghadapi tantangan makro ekonomi global.

Sejumlah warganet mengeluhkan aplikasi Gojek yang eror. Keluhan-keluhan tersebut ditumpahkan lewat media sosial Twitter dan Instagram. Rata-rata mereka mengeluhkan aplikasi Gojek yang terus menampilkan informasi bahwa pengguna tidak bisa melihat posisi driver hingga saldonya terpotong. 

“Sore ini (13/1) sekitar jam 17.15 WIB terjadi bug massal pada aplikasi ojol Gojek
@gojekindonesia, karena pengguna tidak bisa melihat driver bahkan tidak bisa membatalkan order,” tulis akun @jalur5_.

"Saya dua kali order Gojek, saldo sudah terpotong," kata pengguna Twitter @yoyoktea9988, Jumat (13/1).

Ia mengatakan bahwa informasi dari pengemudi bahwa aplikasi Gojek sedang error. "Driver tidak bisa lihat maps, hanya bisa chat," ujarnya.

Pengguna Twitter @mandlions mengatakan dirimya telah bersiap pulang sejak jam 4 sore. "Jam segini enggak bisa pulang jadinya," cuitnya pukul 19.20.

Kolom komentar Instagram Gojek @gojekindonesia juga diramaikan oleh keluhan yang sama.

"Maps enggak bisa dibuka, siapa yang ambil enggak bisa dicek," kata pengguna Instagram @luluagness.

Meski tidak bisa melihat keterangan hingga lokasi pengemudi, ia bisa berkomunikasi dengan pengemudi lewat fitur chat.

Ia khawatir pesanannya terpesan dua kali. "Tapi di-restart apps tidak selesai masalahnya," katanya.

Pada pukul 19.30 WIB, Katadata.co.id mencoba menggunakan aplikasi Gojek. Namun saat hendak memesan tidak bisa dilakukan.

"Yah, ada sedikit masalah. Tenang, kami cariin solusinya. Coba lagi ya, nanti," kata keterangan di aplikasi Gojek.

Lalu pada pukul 20.15 WIB layanan Gojek sudah bisa kembali digunakan.

"Terima kasih atas laporan mengenai kendala pada layanan GoRide dan GoCar dikarenakan tingkat permintaan yang tinggi melebihi biasanya. Kami langsung merespon hal ini dan berhasil menangani kendala tersebut dalam waktu relatif singkat sehingga pelanggan dapat kembali memesan layanan GoRide dan GoCar seperti biasa," ucap SVP Corporate Affairs Gojek Rubi W. Purnomo kepada Katadata, Jumat (13/1).

Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut, dia mengatakan pelanggan dapat menghubungi customer service Gojek melalui email customerservice@gojek.com dan juga lewat fitur 'Bantuan' di aplikasi Gojek.
 

Reporter: Lenny Septiani
Editor: Lona Olavia

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...