Disuntik East Ventures, Startup Mikrobioma Usus Amili Masuk Indonesia

Desy Setyowati
29 Mei 2023, 12:40
startup mikrobioma, EAST VENTURES,
East Ventures
Tim startup mikrobioma Amili

East Ventures menyuntik modal startup pengobatan presisi mikrobioma usus Amili. Perusahaan rintisan itu menjadi yang pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara yang bergerak di bidang ini.

Amili memperoleh pendanaan seri A pada Juni 2022. Tambahan modal kali ini akan digunakan untuk memperluas operasi startup itu ke Indonesia.

Advertisement

Startup kesehatan itu akan berfokus mengatasi masalah kesehatan usus yang sering ditemui, melalui pendekatan ilmiah yang disesuaikan dengan kondisi Indonesia.

Karakteristik unik mikrobioma usus di Asia sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor lokal dan regional seperti pola makan, gaya hidup, dan lingkungan.

“Selain obat-obatan, mikrobioma memiliki peran penting pada bidang teknologi pangan dan pertanian,” kata Co-Founder dan Chief Executive Officer Amili Dr Jeremy Lim dalam keterangan pers, Senin (29/5).

“Kami berharap dapat berkontribusi dalam menghadirkan inovasi di sektor ini, khususnya penciptaan makanan yang menunjang kesehatan dan turut mengatasi stunting dan malnutrisi,” Jeremy Lim menambahkan.

Mikrobioma usus terdiri dari triliunan bakteri, virus, dan jamur yang hidup di saluran pencernaan. Mereka memainkan peran kunci dalam hampir setiap aspek kesehatan manusia, termasuk pencernaan, fungsi kekebalan tubuh, kesehatan mental, dan pencegahan penyakit.

Ada banyak penggunaan mikrobioma usus yang bermunculan, sehingga membuka kemungkinan baru untuk pengobatan yang dipersonalisasi dan pendekatan transformatif untuk perawatan kesehatan.

Amili yang berdiri pada 2019 melihat potensi tersebut. Dr Jeremy Lim bersama rekannya yakni Drs David Ong dan Jonathan Lee memimpin transplantasi mikrobioma usus pertama di Asia Tenggara di National University Hospital, Singapura pada 2014.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement