Transaksi Turun, Tokopedia dan Gojek Mulai Tambah Promosi

Lenny Septiani
31 Oktober 2023, 12:47
Gojek, Tokopedia, GoTo
GoTo
Gojek merger dengan Tokopedia menjadi GoTo

Tokopedia dan Gojek mencatatkan penurunan transaksi atau GTV selama Januari – September dibandingkan periode yang sama tahun lalu alias year on year (yoy). Keduanya pun mulai menambah anggaran promosi.

Transaksi Tokopedia dan Gojek selama Januari – September dibandingkan periode sama tahun lalu yakni:

  • Tokopedia turun 9% dari Rp 202,4 triliun menjadi Rp 183,5 triliun
  • Gojek turun 8% dari Rp 44,1 triliun menjadi Rp 40 triliun

Tokopedia dan Gojek pun mulai menambah biaya promosi pada kuartal III atau Juli – September, sebesar:

  • Tokopedia naik 2% dibandingkan kuartal sebelumnya atau quarter to quarter (qtq)
  • Gojek naik 5% qtq

Peningkatan anggaran promosi itu pun membuat GTV Tokopedia dan Gojek naik tipis pada kuartal III. Rinciannya sebagai berikut:

  • Tokopedia naik 6% qtq dari Rp 58,7 triliun menjadi Rp 62 triliun
  • Gojek naik 1% qtq dai Rp 13,2 triliun menjadi Rp 13,4 triliun

“GoTo Gojek Tokopedia secara taktis berinvestasi dalam pertumbuhan e-commerce untuk mempertahankan pangsa pasar, termasuk peningkatan biaya insentif dan promosi 2% qtq yang ditargetkan dengan cermat,” kata GoTo dalam keterangan pers, Senin (30/10).

“GoTo Gojek Tokopedia juga memperkuat kepemimpinan perusahaan dalam bidang pesan-antar makanan dan berbagi tumpangan atau ride hailing dengan meningkatkan biaya insentif dan promosi 5% qtq,” GoTo menambahkan.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...