Transaksi Turun, Tokopedia dan Gojek Mulai Tambah Promosi
Tokopedia dan Gojek mencatatkan penurunan transaksi atau GTV selama Januari – September dibandingkan periode yang sama tahun lalu alias year on year (yoy). Keduanya pun mulai menambah anggaran promosi.
Transaksi Tokopedia dan Gojek selama Januari – September dibandingkan periode sama tahun lalu yakni:
- Tokopedia turun 9% dari Rp 202,4 triliun menjadi Rp 183,5 triliun
- Gojek turun 8% dari Rp 44,1 triliun menjadi Rp 40 triliun
Tokopedia dan Gojek pun mulai menambah biaya promosi pada kuartal III atau Juli – September, sebesar:
- Tokopedia naik 2% dibandingkan kuartal sebelumnya atau quarter to quarter (qtq)
- Gojek naik 5% qtq
Peningkatan anggaran promosi itu pun membuat GTV Tokopedia dan Gojek naik tipis pada kuartal III. Rinciannya sebagai berikut:
- Tokopedia naik 6% qtq dari Rp 58,7 triliun menjadi Rp 62 triliun
- Gojek naik 1% qtq dai Rp 13,2 triliun menjadi Rp 13,4 triliun
“GoTo Gojek Tokopedia secara taktis berinvestasi dalam pertumbuhan e-commerce untuk mempertahankan pangsa pasar, termasuk peningkatan biaya insentif dan promosi 2% qtq yang ditargetkan dengan cermat,” kata GoTo dalam keterangan pers, Senin (30/10).
“GoTo Gojek Tokopedia juga memperkuat kepemimpinan perusahaan dalam bidang pesan-antar makanan dan berbagi tumpangan atau ride hailing dengan meningkatkan biaya insentif dan promosi 5% qtq,” GoTo menambahkan.