GoTo Gojek Luncurkan Asisten Suara AI Dira di Aplikasi GoPay
GoTo meluncurkan asisten suara berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) bernama Dira di aplikasi GoPay. Layanan ini akan diperluas ke platform Gojek.
Asisten suara AI Dira by GoTo AI tersedia dalam Bahasa Indonesia. Fitur ini baru tersedia di aplikasi GoPay di sebagian pengguna.
Chief Operating Officer GoTo Hans Patuwo mengatakan, Dira merupakan asisten suara berbahasa Indonesia menjadi landasan untuk pengembangan inovasi AI GoTo ke depan.
Dira merupakan singkatan dari Dikte Suara. Asisten suara berbasis AI ini didesain untuk memberikan pengalaman lebih baik kepada pengguna, membantu mereka dalam menggunakan fitur aplikasi GoPay dan melakukan berbagai transaksi lebih cepat.
“Dengan diluncurkannya Dira sebagai inovasi perintah suara berbasis AI yang hadir pertama kali di industri fintech Indonesia, kami selangkah lebih maju dalam menyediakan aplikasi GoPay yang sederhana dan dapat menjangkau semua,’ kata Hans dalam keterangan pers, Selasa (16/7).
Asisten suara AI Dira dinilai dapat mempersingkat durasi yang diperlukan untuk menyelesaikan satu transaksi. Sebagai contoh, untuk membayar tagihan BPJS kesehatan, dibutuhkan beberapa kali tap dan scroll hingga sampai ke halaman pembayaran BPJS.
Dira memungkinkan pengguna melakukan satu kali tap atau lewat perintah suara untuk berbagai transaksi. Transaksi yang bisa diakses oleh Dira di antaranya bayar tagihan listrik, transfer ke bank ataupun sesama GoPay, beli pulsa hingga mengganti PIN.
Cara menggunakan asisten suara berbasis AI Dira di aplikasi GoPay sebagai berikut:
- Buka aplikasi GoPay
- Klik ikon mikrofon yang terletak di pojok kanan atas halaman utama aplikasi GoPay
- Berikan perintah suara kepada Dira
- Pengguna akan diarahkan ke halaman transaksi terkait
- Autentikasi transaksi dengan PIN dan verifikasi biometrik seperti sidik jari atau pengenalan wajah. Tanpa verifikasi lebih lanjut, pengguna tidak akan dapat menyelesaikan transaksi apapun.