Gmail, YouTube, dan GDrive Eror di Indonesia hingga Eropa

Desy Setyowati
14 Desember 2020, 19:28
Gmail, YouTube, dan GDrive Eror di Indonesia hingga Eropa
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Seorang pria membuka laman Google dari gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Layanan Google yakni Gmail, YouTube, dan GDrive eror pada sekitar Pukul 18.30 WIB hingga saat ini di Indonesia. Di beberapa negara, layanan Google Chrome juga terkendala.

Berdasarkan situs DownDetector, keluhan terkait gangguan pada layanan Gmail, YouTube, dan GDrive terjadi di Asia seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Jepang. Selain itu, sebagian besar wilayah Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Advertisement

Terkait YouTube, separuh lebih pengguna mengeluh tak bisa membuka video. Sekitar 37% tidak dapat mengakses melalui situs web dan 7% tak diperbolehkan log-in.

Sedangkan untuk Google Drive atau GDrive, seluruh pengguna mengeluh tidak bisa mengakses. Terkait Gmail, 69% konsumen tak dapat log-in, 27% kesulitan mengakses melalui situs web, dan 3% tidak mendapatkan pesan.

Selain itu, 85% pengguna kesulitan masuk ke akun Google. Kemudian, 14% tak dapat melakukan pencarian di Chrome.

Salah satu pengguna @verelaurent mengatakan, dirinya dikeluarkan delapan kali ketika mencoba masuk ke akun Google. “Ini terlalu membuat frustrasi,” kata dia melalui akun Twitter-nya, Senin (14/12).

Petugas administrasi Google menyarankan @verelaurent untuk memperketat keamanan, karena beberapa kali keluar dari akun. “Kami menyarankan untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra,” kata tim.

Berdasarkan akun resmi Google di Twitter, belum ada penjelasan dari perusahaan terkait penyebab gangguan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement