Cara Membuat Google Form Praktis Menggunakan Laptop Atau HP

Siti Nur Aeni
31 Mei 2021, 17:40
Cara Membuat Google Form Praktis Menggunakan Laptop Atau HP
ANTARA FOTO/REUTERS/Arnd Wiegmann/File Photo/AWW/sa.
Google merupakan perusahaan teknologi yang menyediakan berbagai layanan teknologi dan informasi yang menjawab kebutuhan manusia saat ini.

Google formulir alias Google Form merupakan fitur formulir digital yang dapat kamu gunakan untuk berbagai keperluan. Sudah banyak orang menggunakannnya untuk keperluan survei atau  pendaftaran sebuah acara.

Fitur tersebut menjawab berbagai kebutuhan penggunanya. Berikut adalah fungsi utama Google Form:

Advertisement

1. Untuk membuat kuis atau ulangan daring 

Pandemi Covid-19 membuat sistem pendidikan berubah. Belajar secara daring ketimbang luring menjadi hal yang wajar.  Sistem baru ini kerap  membuat banyak pihak merasa bingung, tak terkecuali tenaga pendidik yang hendak mengadakan kuis atau ulangan untuk siswa-siswinya.

Nah, Google formulir bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Para pendidik kini bisa menggunakan fitur ini secara gratis. Pengguna dapat memakainya kapan saja, tanpa ada batas maksimal pemakaian.

Bagaimana jika ada yang mencontek karena memakai Google Form? Tenang saja, ada solusinya. Google hadir dengan lebih dari 50 fitur baru yang salah satunya dapat mendeteksi kecurangan pada saat proses pembelajaran, terutama pada saat pengumpulan tugas maupun ulangan. 

2. Penyedia Formulir Daring Gratis

Fungsi lainnya dari Google Form adalah menyediakan formulir daring secara gratis yang dapat digunakan siapa saja. Pengguna dapat menggunakannya untuk pendataan warga, survei, data penelitian, pendaftaran, atau keperluan lainnya.

Selain kedua fungsi tersebut, Gform juga memiliki fitur menyimpan data formulir yang telah diisi. Fitur ini juga yang menjadi kelebihan dibandingkan  formulir dalam bentuk kertas (hardfile) yang bisa saja terselip atau hilang.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement