Mengenal Metaverse Lengkap dengan Contohnya

Siti Nur Aeni
14 Februari 2022, 06:03
Ilustrasi metaverse
Katadata
Ilustrasi metaverse

Istilah metaverse semakin dikenal setelah Facebook berganti nama menjadi Meta. Lantas, apa itu metaverse? Temukan jawabannya berikut ini.

Definisi Metaverse

Secara Etimologi, metaverse berasal dari kata “meta” yang artinya melampaui dan “verse” berarti alam semesta. Sehingga jika disatukan metaverse memiliki arti melampaui alam semesta. CEO Meta Mark Zuckerberg juga menerangkan bahwa metaverse adalah perbatasan berikutnya.

Metaverse digambarkan sebagai teknologi yang memungkin orang berkumpul dan berkomunikasi dengan masuk ke dunia virtual. Di metaverse atau dunia virtual, setiap orang tidak akan berkialasan secara individu. Mereka akan memiliki koneksi dengan orang lain, bahkan NPC otonom dan hologram.

Dunia maya tersebut membuat setiap orang bisa mencoba dan membeli barang secara virtual. Artinya, produsen sebuah produk juga perlu merancang brand untuk konsumen yang ingin memiliki produk secara virtual.

Metaverse juga dikabarkan dapat digunakan untuk berbagai aktivitas virtual seperti di dunia nyata. Lewat dunia virtual ini, pengguna bisa melakukan aktivitas seperti bekerja, bersosialisasi, belanja, bermain, hingga mengunjungi tempat-tempat bersejarah tanpa harus bepergian secara fisik.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Statsita pada 4 Februari 2022 lalu, sebanyak 52% responden menyebutkan bahwa mereka ingin masuk ke metaverse agar bisa mendapatkan pengalaman bekerja di ruang kerja virtual.

Contoh Metaverse

Di masa yang akan datang, perkembangan metaverse akan semakin pesat dan masif. Hal tersebut dikarenakan teknologi akan semakin canggih dari waktu ke waktu. Dalam USA Today, ada beberapa teknologi yang dikatakan sebagai contoh metaverse. Berikut penjelasannya.

1. Meta

Meta merupakan perusahaan teknologi yang dahulunya bernama Facebook. Perusahaan ini secara gamblang ingin mengembangkan metaverse. Salah satu aplikasi metaverse yang akan hendak dikembangkan oleh perusahaan ini yaitu konsel 3D atau tiga dimensi.

Mark Zuckerberg bahkan menyebutkan bahwa pengguna bisa merasakan kehadiran orang lain, berada di tempat lain, dan memiliki pengalaman berbeda yang tidak dapat dilakukan di aplikasi atau halaman web 2D.

Meta juga sedang membuat platform “kantor tanpa batas” lewat VR. Pengguna teknologi ini diketahui dapat merasakan duduk sebagai hologram di sofa, sehingga akan terasa seperti pergi ke kantor sesungguhnya.

Halaman:
Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...