Lowongan Kerja Talenta Digital di Indonesia Melonjak hingga 66%

Image title
8 Maret 2022, 15:06
lowongan kerja, lowongan kerja 2022, talenta digital, gaji IT,
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Pengunjung melihat alat teknologi robot pada Pameran Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) 2019 di Jakarta Convention Center, Kamis (3/10/2019).

Jobstreet mencatat, jumlah lowongan kerja yang terdata meningkat 14,5% pada kuartal akhir tahun lalu. Permintaan paling banyak yakni talenta digital seperti tenaga informasi dan teknologi (IT) serta pemasaran digital.

Country Marketing Manager Jobstreet Indonesia Sawitri Hertoto menyampaikan, pandemi corona mengubah dunia kerja secara dramatis. Banyak perusahaan mempercepat transformasi digital.

Advertisement

“Semua harus mempersiapkan supaya kita bisa bersaing dengan negara-negara lain” ujar Sawitri saat konferensi pers bertajuk ‘Tantangan Talenta Teknologi dan Digital Indonesia’, Selasa (8/2). Alhasil, lowongan kerja untuk talenta digital meningkat.

Dalam Laporan Decoding Digital Talent Report 2022 dari Jobstreet, jumlah lowongan kerja yang terdata meningkat 14,5% pada kuartal IV 2021. Namun jumlah pelamar turun 16,5%.

Akan tetapi, jumlah pelamar untuk satu pekerjaan melonjak 89%. Rata-rata ada 400 – 600 lamaran untuk satu lowongan kerja.

Jobstreet juga mencatat, permintaan perusahaan akan tenaga IT dan digital meningkat 34%. Lowongan kerja untuk tenaga pemasaran digital naik 66%, penjualan ritel/umum 49%, dan pemasaran/pengembangan bisnis 41%.

Sektor perusahaan yang paling banyak mencari talenta digital yaitu sub-bidang perangkat lunak (software) dan keras (hardware), network/server database admin, digital marketing, dan e-commerce. Rinciannya sebagai berikut:

Sub-bidang software:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement