Metaverse Diminati UMKM hingga Kampus di RI, Jadi Incaran Hacker

Fahmi Ahmad Burhan
14 Juni 2022, 17:06
metaverse, hacker, penipuan online
Netflix
Film Ready Player One

Kaspersky memperkirakan bahwa kasus penipuan online atau phishing di Indonesia akan tetap tinggi tahun ini, meskipun kasus Covid-19 mulai menurun. Perusahaan keamanan siber asal Rusia ini memperkirakan, sektor yang disasar yakni metaverse.

Phishing merupakan upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. Berdasarkan Kaspersky Spam & Phishing Report 2021, terdapat 2.290.502 phishing yang terdeteksi di Indonesia tahun lalu.

Territory Manager, Kaspersky Indonesia Dony Koesmandarin mengatakan, banyaknya kasus phishing di Indonesia tahun lalu tidak terlepas dari transformasi digital yang masif. Meski kasus harian Covid-19 menurun, menurutnya kasus phishing tetap marak. 

"Kami tidak melihat adanya penurunan karena pandemi Covid-19 mereda. Setiap tahun, para pelaku kejahatan siber membuat metode serangan baru," ujar Dony dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (14/6).

"Dalam kurun waktu setengah tahun lagi, pasti phishing akan tambah banyak," tambah dia.

Selain itu, pelaku phishing akan menyasar platform lain yang lebih populer seperti metaverse. "Mereka menggunakan wadah yang berbeda, dengan konsep phishing yang sama," ujar Dony. 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...