Instagram Resmi Luncurkan Fitur ‘Pamer’ NFT di Indonesia

Lenny Septiani
5 Agustus 2022, 17:44
Instagram, nft, Ghozali Everyday
pexels.com/cottonbro
Instagram

Instagram resmi meluncurkan fitur berbagi koleksi aset digital seperti non-fungible token atau NFT di Indonesia hari ini (5/8). Fitur ini memfasilitasi para kreator mengunggah karya NFT secara langsung dari blockchain ke platform media sosial.

Pengikut (follower) konten kreator di Instagram bisa membeli NFT yang diunggah tersebut. Kemudian, mereka juga bisa menampilkan aset digital yang telah dibeli.

Advertisement

CNN melaporkan, NFT adalah aset digital yang menggambarkan objek asli seperti karya seni, musik, atau item yang terdapat pada video dan game dalam format JPEG, PNG, MP4, dan lainnya. Aset sejenis kripto ini tidak dapat digandakan atau diganti.

Country Director Meta Indonesia Pieter Lydian menyampaikan, Instagram terus mengeksplorasi teknologi Web3, termasuk NFT. Sebab, raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) yakin potensi sektor ini besar.

“Kami yakin teknologi ini memiliki potensi besar untuk memperluas akses, mengurangi biaya, memberdayakan, dan mengakselerasi inovasi bagi orang-orang dan kreator di seluruh dunia,” kata Pieter dalam keterangan pers, Jumat (5/8).

Piter mengatakan, fitur ‘pamer’ NFT di Instagram bertujuan membantu para kreator dan komunitas untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Mereka juga bisa memonetisasi koleksi digital seperti NFT.

“Ke depan, pengguna dapat menampilkan dan membagikan koleksi digital mereka sebagai stiker augmented reality (AR) di Instagram Stories,” ujar dia.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan menggunakan fitur ‘pamer’ NFT di Instagram, di antaranya:

1. Menghubungkan dompet digital

Kreator dan kolektor bisa memilih NFT dari dompet digital. Kemudian mereka bisa membagikannya di Instagram.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement