ChatGPT OpenAI Bisa Meretas, Cek Hacker hingga Kerjakan Matematika

Desy Setyowati
6 Desember 2022, 16:10
chatgpt, openai, kecerdasan buatan
ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamed Abd El Ghany/foc/cf
Insinyur mekanik Mesir Mahmoud El komy terlihat di samping robot yang dikontrol remor yang ia buat untuk menguji warga untuk penyakit virus korona dengan melakukan tes PCR, membatasi paparan kepada kasus terduga, saat penyebaran global penyakit virus korona (COVID-19) di Kairo, Mesir, Jumat (12/6/2020).

ChatGPT buatan OpenAI masif digunakan sejak diluncurkan pada Kamis (1/12). Ahli IT atau informasi dan teknologi mengungkapkan 10 hal keren yang bisa dilakukan menggunakan platform berbasis kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) ini.

OpenAI didirikan  oleh Elon Musk, Sam Altman, dan beberapa peneliti pada 2015. Sam Altman menyampaikan, ChatGPT digunakan oleh lebih dari satu juta orang dalam lima hari sejak dirilis.

Reporter teknologi sekaligus peneliti keamanan siber Ax Sharma menyebutkan, ChatGPT didukung oleh rangkaian model AI GPT-3.5 yang dilatih dengan data teks dan kode pada infrastruktur superkomputer Azure AI milik Microsoft.

ChatGPT tidak terhubung ke internet. “Jadi respons apapun yang diberikan, murni berasal dari model terlatih secara offline ini,kata Ax Sharma dikutip dari Bleeping Computers, Selasa (6/12).

AI buatan OpenAI itu tidak dapat memberi tahu nomor telepon seseorang ataupun perkiraan cuaca. Namun, Ax Sharma mengungkapkan 10 hal keren yang bisa dilakuka oleh ChatGPT, yakni:

1. Mencari celah keamanan siber dan cara memperbaikinya

2. Mendeteksi kerentanan keamanan

Anda dapat bertanya kepada ChatGPT, apakah suatu kode (coding) mengandung kerentanan keamanan. Anda juga dapat meminta AI ini membuat demo proof-of-concept (PoC) sehingga bisa mengeksploitasi kerentanan.

3. Menerapkan mesin virtual (VM)

Research scientist Jonas Degrave menunjukkan bagaimana Anda dapat mengubah ChatGPT menjadi mirip dengan terminal Linux. Terminal adalah interface atau tampilan pada platform yang memungkinkan Anda mengetik kode (coding) untuk sistem operasi Linux.

Jika Anda familiar dengan OS Windows, terminal Linux memiliki fungsi yang mirip dengan CMD atau Command Prompt.

Anda juga dapat berinteraksi dengan 'mesin virtual' melalui situs web, walaupun Linux tidak memiliki mesin virtual. ChatGPT bisa membuat Linux menampikan mesin virtual, sehingga Anda seolah-olah berbicara dengan robot di ponsel ataupun laptop.

4. Melintasi dimensi waktu

Bleeping Computer memasukkan teks ke demigod AI dengan tujuan mengakomodasi permintaan untuk perjalanan antardimensi waktu. ChatGPT akan memberikan jawaban berikut tautan (link) dengan teks ‘portal telah dibuka’ atau ‘koordinat disetel’.

Namun Bleeping Computer tidak memerinci apakah tautan yang disematkan oleh ChatGPT benar-benar membawa mereka ke dimensi waktu lain.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...