Dampak Merger Telkomsel dan Indihome bagi Pelanggan dan Korporasi

Lenny Septiani
10 April 2023, 16:59
Telkomsel
telkomsel.com
Telkomsel

PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) dan Telkomsel menandatangani Perjanjian Pemisahan Bersyarat (Conditional Spin-off Agreement/CSA) untuk mengintegrasikan IndiHome ke Telkomsel. Bagaimana dampaknya terhadap pelanggan?

"Telkomsel maupun Indihome merupakan dua entitas bisnis Telkom Group yang telah memiliki posisi yang kuat sebagai market leader (pemimpin pasar) dalam penyediaan layanan komunikasi dan layanan digital di Indonesia," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono dalam keterangan kepada Katadata.co.id, Senin (10/4).

Saki menjelaskan, IndiHome dan Telkomsel yang berada di bawah naungan Telkom Group akan memberikan beberapa dampak bagi perusahaan, yakni:
1. Memudahkan proses integrasi guna menghadirkan inovasi yang lebih luas,
2. Memperkuat struktur bisnis,
3. Meningkatkan potensi efisiensi dalam pengembangan konvergensi layanan fixed dan mobile broadband,
4. Lebih adaptif dalam dinamika perubahan teknologi dan industri,
5. Mendorong pertumbuhan kinerja perusahaan, serta mewujudkan inklusi digital dan akselerasi roda perekonomian, khususnya ekonomi digital di Indonesia,
6. Mendukung produktivitas masyarakat di berbagai sektor.

Sementara bagi pelanggan, integrasi layanan fixed dan mobile broadband dalam satu anak usaha Telkom Group memungkinkan pengguna dapat menikmati layanan keduanya dengan mudah, praktis, cepat, serta skema paket produk yang semakin customer centric.

Menurut Saki, perusahaan juga berharap integrasi layanan IndiHome ke Telkomsel memberikan beberapa dampak bagi pelanggan, antara lain :
1. Dapat menyediakan cakupan broadband yang lebih luas untuk masyarakat
2. Adanya simplikasi penawaran solusi layanan yang end-to-end dalam satu operator,
3. Memperluas inklusi digital yang dapat mendukung peningkatan aktivitas sosial dan ekonomi digital,
4. Skema paket produk yang bernilai tambah,
5. Menghadirkan layanan 'Unbreakable WiFi' melalui konvergensi layanan fixed dan mobile broadband yang seamless, baik untuk akses di rumah maupun saat di luar rumah.

Selama masa transisi, nantinya pelanggan tidak perlu melakukan pendaftaran ulang dan layanan IndiHome pelanggan akan otomatis (secara seamless) dialihkan menjadi di bawah pengelolaan operasional Telkomsel.

"Seluruh layanan yang saat ini didapatkan pelanggan akan berjalan seperti biasa dan saat ini masih dalam pengelolaan IndiHome," katanya. "Termasuk alat yang telah dipasang, tidak perlu diganti dengan alat baru."

Lebih lanjut, Saki mengatakan, jika ada perubahan di kemudian hari, maka perusahaan akan senantiasa berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Ini termasuk meminta feedback (umpan balik) pelanggan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan IndiHome.

Sebelumnya, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, setelah penandatanganan CSA, rangkaian proses persiapan integrasi layanan fixed broadband dan seluler untuk pelanggan ritel akan segera dilakukan.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...