Permintaan BBM Meningkat Seiring Pelonggaran PPKM

Dimas Jarot Bayu
17 Oktober 2021, 10:31
Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) sebuah kendaraan di SPBU Muri, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Selasa (19/5/2020).
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/hp.
Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) sebuah kendaraan di SPBU Muri, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Selasa (19/5/2020).

Permintaan bahan bakar minyak (BBM) meningkat seiring dengan pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga (Subholding Commercial & Trading PT Pertamina) (Persero) Irto Gintings mengatakan, permintaan BBM retail meningkat 8% dibandingkan periode awal PPKM.

Hal serupa terjadi untuk permintaan BBM di industri pertambangan sebesar 35%. Kemudian, permintaan BBM di industri perkebunan meningkat 26%, sektor migas 21%, dan industri lainnya mencapai 17%.

Advertisement

"Keberhasilan program PPKM berdampak pada peningkatan kebutuhan BBM, termasuk BBM retail dan industri," kata Irto dalam keterangan tertulisnya pada Minggu (17/10).

Selain itu, Irto menyebut konsumsi BBM retail tercatat sebesar 34 juta kiloliter (KL) pada kuartal III-2021, naik 6% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatannya mencapai 4% untuk BBM gasoline (bensin), sementara gasoil (diesel) naik 10%.

Konsumsi solar subsidi secara harian juga meningkat 15% sejak September 2021 dibandingkan reratanya pada Januari-Agustus 2021. "Kenaikan signifikan terjadi di beberapa wilayah, seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, serta Riau," kata Irto.

Seiring dengan peningkatan permintaan BBM, Pertamina Patra Niaga memastikan stok maupun proses penyaluran (supply chain) berjalan dengan baik. Bahkan, Irto menyebut pihaknya telah menambah penyaluran solar subsidi di beberapa wilayah yang mengamai peningkatan konsumsi secara signifikan.

Di Sumatera Barat, misalnya, penyaluran solar subsidi telah ditingkatkan sebesar 10%. Penyaluran solar subsidi di Riau telah ditambah sebesar 15%. Sementara, jumlahnya ditambah sebesar 3,5% di Sumatera Utara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement