Menakar Keunggulan Investasi Emas dan Dinar

Sahistya Dhanesworo
Oleh Sahistya Dhanesworo - Tim Riset dan Publikasi
4 April 2022, 16:16
Investasi emas dan dinar bisa menjadi alternatif pilihan berinvestasi.
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.

Emas tidak hanya populer sebagai perhiasan tetapi juga bisa menjadi alternatif investasi menguntungkan. Sejauh ini, emas merupakan pilihan investasi yang terbilang aman terutama untuk investor pemula.

Berdasarkan riset Katadata Insight Center (KIC) bekerja sama dengan Stockbit diketahui, investasi emas menjadi pilihan investasi favorit di Indonesia. Pasalnya, 60,2 persen responden memilih emas. Lainnya, 33,2 persen menjawab tanah, dan 26,4 persen responden memiliki investasi di bidang bisnis. Adapula reksadana yang turut menjadi favorit publik pada ururtan keempat dengan dukungan 24,8 persen responden.

Temuan dari survei KIC membuktikan bahwa investasi tradisional tetap populer di kalangan investor Indonesia. Hal ini terbukti, hanya ada satu investasi digital yang masuk ke dalam lima teratas daftar investasi tadi, yaitu reksadana.

Emas banyak dilirik investor, termasuk investor pemula, lantaran instrumen ini termasuk investasi low risk sebab pergerakannya mengikuti inflasi. Semakin tinggi laju inflasi, semakin naik pula harga emas. Investasi emas juga kian mudah diakses sejalan menjamurnya platform yang menawarkan program tabungan emas.

Selain emas batangan, dinar emas juga dapat menjadi pilihan investasi logam mulia. Popularitas koin dinar menanjak beberapa tahun belakangan sebagai alternatif investasi. Meski serupa, terdapat perbedaan kelebihan dan kekurangan di antara emas dan dinar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...