Inovatif Layani Nasabah, Bank Mandiri Raih 6 Penghargaan dari The Digital Banker

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
11 Agustus 2025, 12:17
Bank Mandiri
Bank Mandiri
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Bank Mandiri terus berinovasi demi memberikan layanan keuangan dan gaya hidup terbaik bagi para nasabah. Komitmen ini mengantarkan perseroan meraih penghargaan dari The Digital Banker.

Melalui transformasi digital, bank bersandi saham BMRI tersebut menyediakan tiga solusi andalan SuperApp Livin’ by Mandiri untuk nasabah ritel, SuperPlatform Kopra by Mandiri bagi nasabah pebisnis hingga wholesale, dan Livin’ Merchant bagi pelaku UMKM.

Senior Vice President (SVP) Digital Wholesale Banking Bank Mandiri BD Budi Prasetyo menyatakan, inovasi merupakan bagian strategis Bank Mandiri dalam menghadirkan end-to-end digital ecosystem yang mendorong pertumbuhan bisnis berkelanjutan. Sehingga memberikan pengalaman yang lebih unggul bagi nasabah wholesale, pebisnis, UMKM, hingga ritel. Langkah strategis Bank Mandiri ini sejalan dengan semangat HUT Ke-80 Kemerdekaan RI, Bersatu Berdaulat Rakyat Sejahtera Indonesia Maju.

Solusi tersebut berhasil menjadi pilihan utama nasabah terbukti dari volume transaksi Kopra by Mandiri melonjak 13 persen year on year (yoy) menjadi 583 juta transaksi dengan nilai transaksi tumbuh 19 persen yoy menjadi lebih dari Rp10.000 triliun per Mei 2025.

“Sedangkan Livin’ Merchant semakin diandalkan pelaku bisnis dengan pertumbuhan pengguna terdaftar 13 persen yoy menjadi 2,7 juta pengguna,” imbuhnya melalui keterangannya pada Senin (11/8).

Sementara itu, pengguna terdaftar Livin’ by Mandiri berhasil tumbuh 24 persen year on year menjadi 31,6 juta pengguna per Mei 2025. Pada periode yang sama, Super App andalan Bank Mandiri ini memproses pertumbuhan volume transaksi 26 persen yoy menjadi 1,83 miliar kali dengan kenaikan nilai transaksi 12 persen yoy menjadi Rp1.744 triliun.

Berkat kinerja tersebut, Bank Mandiri kembali mencatatkan prestasi gemilang di kancah global melalui enam penghargaan internasional dari ajang bergengsi The Digital Banker: Global Transaction Banking Innovation Awards 2025.

Bank berlogo pita emas ini dinobatkan sebagai Best Bank for Cash Management in Indonesia​, Best Bank for Supply Chain Finance​ in Indonesia, Best Bank for Trade Finance​ in Indonesia, Best Bank for Transaction Banking​ Services in Indonesia, Best Bank for Transaction Banking​ Services in South East Asia​, dan Best Digital Payments Initiative​.

Penghargaan tersebut berdasarkan penilaian terhadap kinerja perseroan satu tahun terakhir serta esai terkait inovasi digital yang tengah dijalankan. Hal ini mengukuhkan posisi Bank Mandiri sebagai institusi keuangan terdepan dalam inovasi layanan digital yang menjawab kebutuhan nasabah ritel, UMKM, hingga korporasi.

Budi menyatakan,​ solusi Kopra by Mandiri kini melayani berbagai segmen nasabah mulai dari korporasi, institusi keuangan, pemerintah, hingga UKM. Sejak 2024, Kopra mengalami pengembangan masif dengan berbagai fitur baru yang memperkuat kapabilitas di bidang cash management, trade finance, dan value chain.

Sejak 2024, Kopra by Mandiri melakukan pengembangan masif yang tidak hanya mengoptimalkan setiap fitur yang sudah ada untuk memberikan pengalaman transaksi terintegrasi yang mendukung efisiensi dan performa bisnis. Selain itu juga menghadirkan sejumlah fitur baru guna memenuhi kebutuhan nasabah wholesale yang semakin kompleks.​ Terdapat berbagai layanan komprehensif di Kopra by Mandiri mulai dari cash management, trade, dan value chain.

Ia menyatakan bahwa pada solusi Cash Management, Kopra by Mandiri memfasilitasi transaksi nasabah secara end-to-end mulai dari pembayaran dengan fasilitas bulk payment yang memungkinkan pemrosesan hingga 50.000 transaksi. Juga manajemen likuiditas perusahaan dengan hadirnya educational landing page yang memberikan deskripsi detail serta contoh ilustratif dari setiap solusi likuiditas.

Budi menjelaskan, spesifik pada layanan Value Chain, Kopra by Mandiri melayani kebutuhan nasabah yang melibatkan baik principal, supplier, atau distributor untuk pengajuan dan penerimaan invoice, maupun permintaan pembayaran invoice.

“Dalam rangka mendukung closed-loop ecosystem, Kopra to Livin’ Financing hadir sebagai solusi value chain guna mempercepat proses penagihan pembayaran invoice langsung ke akun Livin’ pemasok,” ujarnya. ​

Sejalan dengan itu,​ Bank Mandiri mentransformasi perbankan ritel dengan Livin’ by Mandiri untuk nasabah perorangan dengan lebih dari 150 fitur dalam genggaman, mencakup kebutuhan nasabah untuk melakukan saving, moving, borrowing, dan growing, serta beyond banking seperti lifestyle dan loyalty melalui berbagai fitur.

Tidak berhenti di situ, untuk memperluas pasar pelaku bisnis, Budi menyatakan Livin’ Merchant menjadi​ Point of Sales versi mobile terlengkap dari industri banking sebagai merchant solutions yang mendukung digitalisasi UMKM Indonesia​. Terlebih, 60 persen pengguna Livin’ Merchant berasal dari wilayah nonurban.

Layanan Livin’ Merchant memiliki keunggulan dimana proses onboarding cepat hanya dalam 8 menit, baik itu untuk UMKM maupun badan usaha dengan NIB​. Bebas biaya berlangganan bulanan​ serta 0 persen MDR QRIS.

“Selain itu, pencairan atau settlement 3 kali sehari ke rekening merchant,​ menerima berbagai jenis pembayaran kartu melalui card dongle dan QRIS, serta memberikan fleksibilitas pembayaran yang lebih besar​,” imbuhnya.

Di sisi lain, ada juga fitur Multi-Outlet memungkinkan owner/merchant mengelola lebih dari satu cabang dalam satu aplikasi, seperti menambahkan outlet, melakukan assign karyawan ke setiap outlet, menetapkan pajak dan biaya layanan, hingga memonitor laporan keuangan dari semua outlet.​ Juga ada solusi F&B terintegrasi untuk efisiensi operasional untuk mendukung pertumbuhan bisnis F&B di Indonesia serta Value Chain Ordering and Financing.

“Dedikasi para Mandirian menjadi elemen penting di balik pencapaian ini. Konsistensi dalam menjaga kualitas layanan dan membangun kepercayaan nasabah menjadi fondasi Bank Mandiri dalam mempertahankan kinerja unggul di tengah tantangan pasar yang terus berubah,” ucapnya.

Ke depan, Bank Mandiri akan terus mendorong inovasi dan layanan bagi nasabah serta memperluas inklusi keuangan secara menyeluruh. Dengan pendekatan yang responsif dan berorientasi solusi, Bank Mandiri optimistis dapat menjaga momentum pertumbuhan serta memperkuat kontribusinya terhadap sistem keuangan nasional.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

mobile apps preview

Cek juga data ini

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...