Manfaatkan FABA, PLN Berhasil Tuntaskan Pembangunan Masjid di Jepara

PLN mengubah FABA dari PLTU Tanjung Jati B untuk menjadi 10.000 paving block dan 6.000 batako untuk membangun masjid.
Image title
17 Januari 2023, 17:38
PLN mengubah FABA dari PLTU Tanjung Jati B untuk menjadi 10.000 paving block dan 6.000 batako untuk membangun masjid.PLN mengubah FABA dari PLTU Tanjung Jati B untuk menjadi 10.000 paving block dan 6.000 batako untuk membangun masjid.
PLN
PLN mengubah FABA dari PLTU Tanjung Jati B untuk menjadi 10.000 paving block dan 6.000 batako untuk membangun masjid.

PT PLN (Persero) terus memaksimalkan penggunaan sisa abu pembakaran batu bara pada PLTU atau Fly Ash Bottom Ash (FABA) untuk pembangunan infrastruktur masyarakat. Di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah PLN mengubah FABA dari PLTU Tanjung Jati B untuk menjadi 10.000 paving block dan 6.000 batako untuk membangun masjid.

Penjabat (PJ) Bupati Jepara Edy Supriyanta menyampaikan apresiasinya atas pemanfaatan sisa pembakaran batu bara PLTU untuk pembangunan Masjid Hidayatul Ilmi di Jepara.

"Pemanfaatan FABA untuk pembangunan masjid tentunya sangat berguna dan sangat bermanfaat untuk masyarakat. Ini PLN Unit Induk Pembangkitan (UIK) Tanjung Jati B telah memberikan bantuan berupa paving dan batako dari FABA," kata Edy.

Ia mengatakan, masjid dengan luas bangunan 160 meter persegi ini semula merupakan sebuah musala kecil yang berada di tanah wakaf. Kondisinya cukup memprihatinkan dan warga seringkali merasa khawatir bila sewaktu-waktu bangunan musala roboh.

Advertisement

Setelah proses pembangunan yang berlangsung selama 7 bulan, masjid ini rampung dan dapat digunakan masyarakat untuk beribadah. 

Kapolres Jepara Warsono juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan masjid ini. Secara khusus, dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada PLN. Sebab, PLN memberikan dukungan melalui FABA yang digunakan sebagai material pembangunan masjid.

"Jajaran Polres Jepara mengucapkan terima kasih atas dukungan dari PLN UIK Tanjung Jati B yang memfasilitasi kami dengan FABA untuk proses pembangunan masjid ini. Dan alhamdulillah hari ini sudah selesai, ini berkat dukungan dari PLN Tanjung Jati B dengan olahan dari FABA yang digunakan untuk pembangunan Masjid Hidayatul Ilmi," imbuhnya. 

General Manager PLN UIK Tanjung Jati B Hari Cahyono menjelaskan, di dalam pembangunan masjid ini PLN memberikan bantuan material bahan bangunan berupa batako dan paving yang merupakan produk hasil dari pengolahan FABA PLTU Tanjung Jati B.

“Alhamdulillah PLN UIK Tanjung Jati B bisa berkontribusi dalam pembangunan masjid ini dengan memberikan bantuan material bahan bangunan berupa paving dan batako dari FABA," tutur Hari.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait